Bola Internasional

Piala AFF U-16: Puji Bima Sakti, Asisten Shin Tae-yong Beberkan Kesamaan Timnas Indonesia U-16 dengan Senior

Rabu, 10 Agustus 2022 15:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Shin Sang-gyu melihat adanya banyak kemiripan taktik Bima Sakti dan Shin Tae-yong dalam menangani timnas Indonesia masing-masing. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Shin Sang-gyu melihat adanya banyak kemiripan taktik Bima Sakti dan Shin Tae-yong dalam menangani timnas Indonesia masing-masing. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 diklaim menunjukkan performa apik sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2022 di bawah asuhan Bima Sakti.

Tidak hanya karena sukses melaju hingga babak semifinal dan berpeluang tembus ke partai puncak bila singkirkan Myanmar, tetapi karena ada filosofi yang jelas dalam permainan mereka.

Salah satu asisten untuk Shin Tae-yong di timnas Indonesia senior, Shin Sang-gyu, bahkan melihat adanya banyak kemiripan cara bermain Arkhan Kaka cs dengan Egy Maulana dan kolega.

Hal itu bisa dilihat dari laga terakhir mereka melawa Vietnam di mana timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama.

Alih-alih hilang konsentrasi, Bima Sakti tetap menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk bermain tenang sembari terus menyerang.

Hasilnya sebelum babak kedua berusia sepuluh menit skor sudah bisa dibalikkan dan kemenangan 2-1 kemudian berhasil dikunci Garuda Muda.

"Saya menyadari adanya beberapa kesamaan," ungkap Shin Sang-gyu kala ditemui di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta.

"Saya pikir Timnas Indonesia U-16 sudah mengikuti gaya dan filosofi timnas Indonesia senior. Itu sangat bagus," kata pelatih muda berusia 38 tahun tersebut.