Liga Indonesia

Liga 1: Menghilang dari Kewajiban, Ke Mana Perginya Pelatih Persik Kediri?

Jumat, 12 Agustus 2022 14:46 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persik Kediri, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pemandangan berbeda tampak dalam sesi jumpa pers menjelang pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 antara Persik Kediri vs Borneo FC, Kamis (11/8/22).

Biasanya, sesi ini selalu dihadiri Javier Roca selaku pelatih Persik bersama satu pemain. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam regulasi Liga 1.

Pasal 40 Ayat ke-2 menyebutkan bahwa pelatih kepala dan satu pemain yang masuk starting XI dari masing-masing tim wajib hadir sekaligus berpartisipasi dalam pre-match press conferrence.

"Media officer kedua klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih kepala dan pemain dalam pre-match press conferrence. Tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personel lain," tambah ayat tersebut.

Absennya Javier Roca tak pelak membuat Persik Kediri terancam sanksi denda jika tidak dibarengi alasan yang kuat, sebagaimana ayat ke-6.

"Pelanggaran terhadap pasal ini akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp20 juta," bunyi sanksi dalam pasal tersebut.

Namun pada sesi itu, Johan Prasetyo Wibowo hadir selaku perwakilan tim pelatih. Asisten pelatih Persik Kediri itu hadir bersama gelandang M. Taufiq.

Absennya Javier Roca lantas menjadi pertanyaan besar di kalangan awak media. Lantas, ke mana perginya pelatih berkebangsaan Chile itu?

"Saya di sini mewakili Coach Javier Roca. Dia hari ini izin karena sakit," tutur Johan Prasetyo menjawab rasa penasaran awak media.