In-depth

Apa Kabar Riccardo Saponara, Sang 'Kutukan' Nomor 8 di AC Milan

Sabtu, 13 Agustus 2022 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Maurizio Lagana/Getty Images
Riccardo Saponara, eks AC Milan saat berseragam klub Liga Italia, Lecce. Foto: Maurizio Lagana/Getty Images. Copyright: © Maurizio Lagana/Getty Images
Riccardo Saponara, eks AC Milan saat berseragam klub Liga Italia, Lecce. Foto: Maurizio Lagana/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali Riccardo Saponara, mantan pemain klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, yang pernah mengenakan nomor punggung 8.

Jauh sebelum Sandro Tonali, angka 8 di skuad Rossoneri sudah pernah digunakan para pendahulu seperti Suso, Zvonimir Boban, Roberto Donadoni, Gennaro Gattuso, dan masih banyak lagi.

Di antara nama-nama tersebut pun terselip Riccardo Saponara, yang merapat ke AC Milan dari Empoli pada 2013.

Tepatnya pada Januari 2013, AC Milan mengontrak gelandang serang yang satu ini dari Empoli dengan klausul kepemilikan bersama.

Akan tetapi, ia hanya bermain selama 218 menit dari 7 pertandingan di kancah Serie A Liga Italia, dan gagal menyumbangkan gol atau assist pada musim 2013-2014.

Namun sayangnya kisah Riccardo Saponara bersama AC Milan tidak bertahan lama. Ia lalu angkat kaki secara permanen ke Empoli pada 2015.

Bahkan setelah itu ia melakoni cukup banyak masa peminjaman ke klub-klub Liga Italia seperti Lecce, Sampdoria, Spezia, dan Genoa.

Hanya saja, Empoli justru tampil sebagai ‘penyelamat’ karier sang pemain ketimbang klub sebesar AC Milan.

Di sana, ia bermain lebih baik hingga sempat diminati Inter Milan. Bahkan, sudah ada pembicaraan terkait transfer Riccardo Saponara ke Nerazzurri, yang sayangnya tidak berlangsung mulus.

Alhasil, ia pun tetap tinggal di Empoli sebelum dipinjamkan ke Fiorentina dan dipermanenkan La Viola pada 2018.