Bola Internasional

Piala AFF U-16: Dihancurkan Timnas Indonesia, Aksi Kiper Vietnam Pancing Emosi Netizen

Sabtu, 13 Agustus 2022 10:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Aksi kiper Timnas Vietnam, Phan Dinh Hai, saat melawan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan final Piala AFF U-16 2022 telah memancing emosi netizen. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Aksi kiper Timnas Vietnam, Phan Dinh Hai, saat melawan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan final Piala AFF U-16 2022 telah memancing emosi netizen.

INDOSPORT.COM – Aksi kiper Timnas Vietnam, Phan Dinh Hai, saat melawan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan final Piala AFF U-16 2022 telah memancing emosi netizen.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengandaskan perlawanan Vietnam di partai final, Jumat (12/08/22).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo itu, skuad arahan Bima Sakti mampu menang tipis 1-0 atas Vietnam.

Adapun gol semata wayang Garuda Asia ini dicetak oleh Kafiatur Rizky pada injury time babak pertama pertandingan tersebut.

Usai menerima sodoran bola di kotak penalti, Kafiathur dalam posisi terjepit mampu melepaskan sepakan ke arah pojok atas kanan gawang Vietnam yang dijaga Phan Dinh Hai.

Ini merupakan trofi kedua yang dimenangkan Timnas Indonesia U-16, di mana trofi pertama berhasil diraih era Bagas  dan Bagus Kahfi di bawah kepelatihan Fakhri Husaini pada 2018.

Terlepas dari keberhasilan Iqbal Gwijangge dkk merengkuh trofi Piala AFF U-16 2022, keberadaan kiper Vietnam U-16 Phan Dinh Hai mencuri perhatian netizen.

Bagaimana tidak. Phan Dinh Hai kedapatan oleh netizen dua kali melakukan aksi yang dianggap kontroversial pada menit-menit akhir pertandingan dan sesudah laga usai.

Pada menit akhir, Timnas Vietnam U-16 mendapat peluang dari tendangan pojok. Saat itu, semua pemain Vietnam sampai sang kiper maju ke depan di area pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Menurut netizen, aksi yang dilakukan Phan Dinh Hai ini adalah tak hanya jadi hiburan tetapi juga memicu emosi mereka yang sudah di ambang kemenangan.