Liga Indonesia

Liga 1: Depak Javier Roca, Persik Kediri Tanpa Pelatih Kepala Sampai September?

Minggu, 14 Agustus 2022 11:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ekspresi lesu pelatih Persik Kediri, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Ekspresi lesu pelatih Persik Kediri, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persik Kediri dipastikan memakai jasa pelatih interim alias caretaker sepanjang menjalani sejumlah jadwal lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Situasi itu menyusul kebijakan manajemen mendepak Javier Roca. Pelatih berpaspor Chile itu dinyatakan resmi tidak lagi memimpin Persik Kediri sejak Sabtu (13/8/22).

"Untuk saat ini, tim akan ditangani caretaker (pelatih) sementara dan untuk penggantinya akan kita siapkan sembari berjalan," beber Direktur Teknik Persik Kediri, Danilo Fernando.

Danilo pun memastikan bahwa lengsernya Javier Roca dari posisi head coach sudah melalui pertimbangan dan diskusi bersama manajemen klub.

Dia tak menepis soal pergantian posisi pelatih memang tak lepas dari rentetan hasil buruk yang dialami tim berjulukan Macan Putih selama tiga pekan awal kompetisi.

Dalam periode itu, Javier Roca baru memberikan satu poin dari hasil imbang 1-1 saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Brawijaya Kediri, Minggu (31/7/22). 

Sedangkan pada laga lain, pelatih berusia 44 tahun itu gagal total. Persik dilumat Persita 0-2 di Tangerang (25/7/22) dan 0-1 di markas Madura United (6/8/22).

"Tentu keputusan ini diambil setelah melakukan evaluasi bersama. Dengan harapan agar ke depan performa dan prestasi tim dapat lebih baik," tambah Danilo Fernando.

Sejauh ini, Persik Kediri memiliki sejumlah pelatih yang bisa mengemban tugas Javier Roca untuk sementara waktu. Ada beberapa pelatih berlisensi AFC A di staf kepelatihan mereka.

Johan Prasetyo menjadi kandidat kuat selain Jan Saragih. Dia pula yang sudah menggantikan peran Javier Roca ketika memberi keterangan kepada media dalam sesi jumpa pers pralaga vs Borneo FC, Jumat (12/8/22).