Liga Inggris

Siapa Sir Jim Ratcliffe? Miliarder Inggris yang Siap Rebut Manchester United dari Keluarga Glazer

Kamis, 18 Agustus 2022 17:17 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Dailky Record
Sir Jim Ratcliff, salah satu pengusaha kaya asal Inggris yang ingin membeli Chelsea. Copyright: © Dailky Record
Sir Jim Ratcliff, salah satu pengusaha kaya asal Inggris yang ingin membeli Chelsea.

INDOSPORT.COM – Miliardes asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah menyatakan niatnya untuk membeli salah satu klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Sebelumnya, pada hari Rabu (17/08/22), pemilik Manchester United saat ini, yakni keluarga Glazer dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas milik Setan Merah.

Bahkan, tak cukup sampai di mulut, keluarga Glazer ternyata sudah mendiskusikan hal ini dengan calon investor yang berminat.

Terbaru, salah satu orang yang berminat untuk memebli saham minoritas milik Manchester United tersebut adalah Sir Jim Ratcliffe.

Sir Jim Ratcliffe sendiri merupakan milarder asal Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ratcliffe mengakui dirinya sejak kecil merupakan penggemar Manchester United.

Dilansir daru Manchester Evening News, sebelum kabar tentang keinginannya membeli Manchester United mencuat, Ratcliffe sebenarnya sudah menjadi pemilik klub Liga Prancis (Ligue 1), Nice.

Tak hanya memiliki klub sepak bola, Nice, Ratcliffe dilaporkan juga memiliki sebuah perusahaan yang berpusat di London bernama Ineos.

Bahkan, jauh sebelum keinginannnya terhadap Manchester United muncul, Ratcliffe melalui saudara laki-lakinya, Bob ternyata selalu memantau perkembangan klub-klub Liga Inggris.

"Kami menghabiskan cukup banyak waktu untuk melihat klub-klub Liga Inggris. Kami melihat penilaian klub-klub Liga Inggris dan pendapatan 5 miliar poundsterling untuk Liga Inggris dan enam klub teratas senilai 2 miliar pounsterling ke atas,” ujar saudara laki-laki Ratcliffe dalam wawancaranya terhadap BBS Radio 5 Live pada 2019 yang lalu.

“(Ini) cukup sulit untuk merasionalisasi pembelian di Liga Inggris saat ini bagi kami dan kemudian, jika Anda melihat di bawah enam besar, semuanya 150 juta poundsterling ke atas dan Anda akan menulis cek untuk 50 juta poundsterling dan masuk ke 'Everton Cup'. Ada beberapa pertukaran awal (dengan Chelsea) tapi kami berbeda jauh dalam penilaian,” tambah Bob.