Bola Internasional

Carlo Ancelotti Sabet Gelar Pelatih Terbaik Eropa versi UEFA

Jumat, 26 Agustus 2022 04:36 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Murad Sezer
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memenangkan gelar pelatih terbaik Eropa dari UEFA. Copyright: © REUTERS/Murad Sezer
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memenangkan gelar pelatih terbaik Eropa dari UEFA.

INDOSPORT.COM - Carlo Ancelotti dinobatkan sebagai pelatih terbaik Eropa versi UEFA setelah prestasi yang ia ukir bersama Real Madrid di musim 2021/22 kemarin.

Usai menggelar drawing Liga Champions, UEFA langsung mengumumkan sejumlah penghargaan termasuk pelatih terbaik Eropa versi mereka untuk musim lalu.

Berlangsung di Istanbul, Turki, Kamis (25/08/22) kemarin, nama Carlo Ancelotti lah keluar sebagai pemenangnya UEFA Men's Coach of the Year.

Juru taktik Real Madrid itu berhasil mengalahkan dua pelatih top Eropa lain yakni Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.

UEFA Men's Coach of the Year award adalah ajang penghargaan individual untuk pelatih terbaik. Tolok ukurnya adalah pengaruh sang pelatih terhadap laju tim sepanjang musim di semua kompetisi.

Awalnya UEFA mengumumkan enam kandidat pelatih berdasarkan riset. Lalu juri mengerucutkan menjadi tiga nama, untuk masuk nominasi tiga besar.

Adapun pemungutan suara sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu, termasuk untuk jurnalis-jurnalis terpilih di European Sports Media (ESM).

Carlo Ancelotti memperoleh suara 526 poin, unggul telak dari para rivalnya. Jurgen Klopp di tempat kedua dengan 210 poin, lalu Guardiola dengan 108 poin.

Sementara untuk gelar Pelatih Terbaik Wanita UEFA 2021/2022 diraih oleh Sarina Wiegman. Pelatih asal Belanda ini menjadi sosok penting di balik keberhasilan timnas wanita Inggris menjuarai Piala Eropa 2022.