In-depth

Peta Persaingan Grup A Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Bakal Lolos dengan Mudah?

Rabu, 31 Agustus 2022 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman menbobol gawang Singapura pada laga Piala AFF 2020 semifinal leg 1 Copyright: © PSSI
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman menbobol gawang Singapura pada laga Piala AFF 2020 semifinal leg 1

INDOSPORT.COM – Mengupas peta persaingan grup A Piala AFF 2022, grup yang dihuni Timnas Indonesia. Akankah skuad Garuda lolos dengan mudah?

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A setelah dilakukannya drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, mendapat undian di grup A dan akan bergabung dengan Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang babak Playoff.

Adapun babak Playoff akan mempertemukan dua tim dengan peringkat FIFA terendah di Asia Tenggara, yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Sedangkan rival-rival Timnas Indonesia seperti Malaysia dan Vietnam berada di grup B bersama dengan Laos, Myanmar, dan juga Singapura.

Dalam drawing ini sejatinya terdapat sebuah intrik menarik. Maklum saja, Timnas Indonesia yang berstatus finalis musim lalu malah masuk ke Pot 3.

Hal ini mengundang banyak pertanyaan, dari para pendukung Timnas Indonesia hingga pelatih kepala skuad Garuda, Shin Tae-yong.

Namun pertanyaan itu segera terjawab setelah pihak AFF menyebutkan bahwa perhitungan Pot berdasarkan kiprah setiap negara di Piala AFF sejak 2018 hingga 2022.

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia pun dipastikan akan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan salah satu pemenang antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Lalu bagaimana peta persaingan di grup A Piala AFF 2022? Akankah Timnas Indonesia akan lolos dengan mudah ke semifinal?