Liga Indonesia

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Terancam Absen di Piala AFF 2022, Begini Respons PSSI

Kamis, 1 September 2022 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Elkan Baggott dan Sandy Walsh terancam absen di Piala AFF 2022. Copyright: © PSSI
Elkan Baggott dan Sandy Walsh terancam absen di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - PSSI berencana memanggil pemain naturalisasi dan yang bermain di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Namun, rencana Timnas Indonesia ini berpotensi tak berjalan sepenuhnya. 

Setidaknya ada sembilan nama yang bisa dipakai pada kejuaraan akhir tahun. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani. 

Saat ini, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI. Keduanya tinggal menunggu rapat dengar pendapat berikutnya yakni dengan Komisi X DPR RI pada 1 September 2022 nanti. 

Jika sudah selesai, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Lalu ada juga Shayne Pattynama yang berkasnya sudah berada di Setneg. Jika tak ada halangan, ketiganya jadi WNI dalam waktu dekat dan bermain di Piala AFF 2022.

Akan tetapi, ada sedikit problem yang diprediksi muncul apabila para pemain tersebut dipanggil. Karena Piala AFF bukan agenda resmi FIFA, jadi klub pemilik bisa saja enggan melepasnya.

Jika Sandy Walsh resmi jadi WNI dan dipanggil untuk Piala AFF 2022, PSSI harus lakukan lobi tingkat tinggi. Sebab, klub Sandy, KV Mechelen masih bertanding di Liga Belgia (laga terakhir sebelum libur natal pada 23 Desember dan lanjut lagi 6 Januari 2023). 

Lalu, Elkan Baggott yang bermain di kasta keempat Liga Inggris bersama Gillingham. Dia masih bertanding hingga 30 Desember 2022 dan dilanjut 1 Januari 2023. 

Jadwal Sandy dan Elkan tentu saja berbenturan dengan jadwal Piala AFF 2022 yang rencananya dimainkan dari 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023.