Liga Indonesia

Liga 1: Penalti Persis Solo Kerap Gagal, Ayah Syahrian Abimanyu Bicara Mentalitas dan Tekanan

Senin, 19 September 2022 12:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persis Solo harus mencari sosok tepat untuk menjadi eksekutor penalti. Peluang ini kerap dibuang percuma Persis Solo yang bisa membahayakan pada perjalanan panjang di Liga 1 2022/2023.

Persis Solo memiliki deretan pemain dengan kecepatan tinggi dari sektor sayap. Pergerakan Irfan Jauhari, Alfath Fathier, Althaf Indie, Ryo Matsumura hingga Irfan Bachdim kerap menerobos sektor berbahaya lawan.

Belum lagi sosok penyerang, Samsul Arif dan Ferdinan Alfred Sinaga. Bila bek lawan salah mengantisipasi saat berada di kotak terlarang, hadiah tendangan penalti bisa saja diberikan pengadil lapangan.

Baru-baru ini, penalti kembali diberikan wasit kepada Persis Solo. Pergerakan Samsul Arif dihadang bek Bali United, Haudi Abdillah, hingga wasit menunjuk titik putih.

Alexis Messidoro ditunjuk sebagai algojo. Tugas ini pernah diselesaikan dengan baik oleh Messidoro pada laga melawan Persita Tangerang, 14 Agustus 2022 lalu.

Namun eksekusi kali ini gagal berbuah hasil. Tendangan ke arah kiri gawang Bali United bisa ditangkap kiper Nadeo Argawinata. Kegagalan ini pun menghadirkan sorotan pada para penembak 12 pas.

Ini bukan pertama kalinya Persis Solo gagal mengeksekusi penalti. Pada Piala Presiden 2022 lalu, Persis Solo mendapatkan peluang penalti lewat Fabiano Beltrame dan Samsul Arif.

Fabiano gagal menjebol gawang PSS Sleman setelah tendangannya digagalkan M Ridwan. Sementara sepakan Samsul Arif juga gagal membobol gawang Persita Tangerang yang dikawal Dhika Bayangkara.

Pertanyaan pun kemudian muncul. Apakah Persis Solo tak pernah melatih para pemainnya untuk menembak peluang 12 pas? Namun, pertanyaan ini segera dikonfirmasi caretaker Persis Solo, Rasiman.

"Di dalam latihan kita sudah melatihnya. Kita punya para eksekutor penalti. Ada Fabiano Beltrame, Messidoro dan Fernando Rodrigues," kata Rasiman.