In-depth

Elkan Baggott Akan Ikuti Jejak 3 Pemain Keturunan Indonesia Ini yang Akhirnya Main di Liga Indonesia

Kamis, 22 September 2022 16:19 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Elkan Baggott Copyright: © PSSI
Elkan Baggott

INDOSPORT.COM - Elkan Baggott Akan Ikuti Jejak 3 Pemain Keturunan Indonesia di Eropa yang Akhirnya Main di Liga Indonesia atau Liga 1.

Timnas Indonesia saat ini mempunyai salah satu bek muda potensial, yang akan jadi palang pintu andalan dalam beberapa tahun ke depan di diri Elkan Baggott.

Pemuda berusia 19 tahun itu saat ini berkarier di luar negeri tepatnya Liga Inggris memperkuat klub kasta keempat, Gillingham FC.

Elkan Baggott sendiri sudah jadi andalan di Timnas Indonesia, sejak ia memutuskan untuk memilih kewarganegaraan Indonesia ketimbang negara keturunan lainnya yakni Thailand dan Inggris.

Elkan Baggott yang mempunyai darah keturunan Indonesia dari sang ibu, memilih jadi WNI tanpa program naturalisasi karena garis keturunannya jelas dan ia masih bebas memilih negara yang ingin dibelanya, mengingat usianya masih di bawah 20 tahun.

Mimpinya membela timnas Indonesia sudah terwujud. Tapi, Elkan masih memiliki mimpi lain, yakni suatu saat dia mengaku akan bermain untuk klub Indonesia.

Namun pengakuan itu dilanjutkannya bukan dalam waktu dekat, karena ia saat ini tengah fokus membangun karier di Liga Inggris.

"Mungkin suatu saat nanti saya bermain di Indonesia, tapi tidak untuk saat ini," buka Elkan Baggott dalam podcast 433 The Home of Football, Rabu (21/9/22).

"Saya saat ini masih fokus membangun karier saya di Inggris, ya mungkin di akhir karier saya nanti," jelas Elkan Baggott.

Terkait tim mana yang nanti akan dia pilih, Elkan Baggott belum menentukan. Semua tim sepak bola di Indonesia sama-sama bagus.

"Semua tim di sana (Indonesia) bagus dan saya akan profesional," cetus pesepak bola berpostur jangkung dan berparas tampan tersebut.

Tetapi sejauh ini baru dua klub yang ia ketahui yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta di Liga 1.

Jika keinginan Elkan Baggott menjadi kenyataan, ia akan mengikuti jejak pemain keturunan sebelumnya yang mulanya berkarier di Eropa tapi akhirnya balik ke Liga Indonesia, negara asalnya. Siapa saja mereka?