Liga Indonesia

Winger PSM Ungkap Persamaan 2 Pelatih Kelas Dunia, Shin Tae-yong dan Bernardo Tavares

Jumat, 23 September 2022 23:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri dipanggil ke Timnas Indonesia untuk laga FIFA Match Day melawan Curacao. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri dipanggil ke Timnas Indonesia untuk laga FIFA Match Day melawan Curacao. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Penyerang sayap PSM Makassar, Yakob Sayuri kini sedang berada di Timnas Indonesia. Dia dipanggil untuk FIFA match day kontra Curacao pada 24 dan 27 September 2022. 

Bagi Yakob Sayuri, ini panggilan kesekian ke skuad Garuda. Pemain asal Papua itu menjalani debutnya saat laga uji coba melawan timnas Afghanistan pada 25 Mei 2021.

Oleh sebab itu, winger 24 tahun itu sudah paham dengan gaya kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas. Yakob menyebut, juru taktik asal Korea Selatan itu punya persamaan dengan pelatihnya di klub, Bernardo Tavares. 

Shin Tae-yong dan Bernardo Tavares sama-sama menyiapkan dan membentuk pemain untuk punya mental tidak pantang menyerah. Disiplin juga jadi syarat utama. 

"Kalau persamaan, karena saya juga pernah sama coach Shin, jadi keduanya sama-sama mau kami pemain untuk kerja keras di lapangan, tidak mau kalah dari lawan, pantang menyetah dan berusaha sampai menit akhir," beber Yakob. 

Baik Shin Tae-yong dan Bernardo Tavares adalah pelatih kelas dunia. Nama pertama pernah tangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dan berhasil kalahkan Jerman di babak penyisihan grup. 

Sedangkan Bernardo Tavares pernah menangani beberapa tim Eropa dan sempat menjadi tim scout untuk klub raksasa Liga Portugal, FC Porto. 

Pada Liga 1 2022, Yakob tampil impresif dengan empat gol dan tiga assist dari sembilan pertandingan. Lalu di AFC Cup, pemain 24 tahun itu lesakan dua gol dari empat laga.

Catatan itu membuat Shin Tae-yong kembali memanggilnya. Apalagi beberapa nama langganan Timnas seperti Stefano Lilipaly atau Irfan Jaya tengah alami cedera.