Liga Indonesia

Misi Khusus Menpora untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, Realistis?

Minggu, 25 September 2022 17:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah. Garuda Nusantara mendapat target khusus dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). 

Menpora Zainudin Amali meminta timnas Indonesia menampilkan permainan terbaik di Piala Dunia U-20 2023. Dia menyampaikan, tidak hanya ingin melihat pasukan Shin Tae-yong bermain sampai babak penyisihan grup. 

"Target yang sudah diberikan Ketua Umum PSSI sebagai penanggung jawab prestasi itu, kita tidak boleh hanya bermain di babak penyisihan saja," kata Zainudin Amali kepada awak media. 

Meski timnas Indonesia lolos sebagai peserta Piala Dunia U-20 dengan status tuan rumah, Menpora berharap timnas bermain spartan seperti di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Harapannya, kualitas para pemain timnas U-20 yang ada sekarang, bisa menyamai level tim sebelumnya saat era Elkan Baggott cs. yang berlatih di Kroasia. 

"Bukan hanya sebagai tuan rumah ya, kami harus bisa bermain baik secara maksimal. Makanya, di kualifikasi kemarin itu anak-anak bermain serius dan menunjukkan sebagai juara grup saat melawan Vietnam," ujar Menpora. 

"Itulah harapan kami. Tadinya yang disiapkan itu tim yang TC di Kroasia dulu, Pratama Arhan cs. Namun, karena usia mereka sudah mustahil turun, Shin Tae-yong akhirnya memilih kembali tim yang sekarang ini. Ronaldo Kwateh cs," imbuh Zainudin Amali

Untuk itu, Menpora Amali menyatakan akan memfasilitasi segala bentuk persiapan atau training camp timnas Indonesia U-20 secara maksimal. Targetnya adalah berlatih dan melawan tim-tim kuat dari luar negeri.

"Mudah-mudahan ini akan sama dengan tim yang TC di Kroasia saat 2021. Dan kita harapkan bisa lebih kualitasnya dan kesempatan untuk uji coba kita akan maksimalkan di TC," ucapnya. 

"TC bisa di luar negeri agar mendapatkan lawan-lawan tanding yang lebih baik dan mendapatkan atmosfir pertandingan yang sesuai," harap Menpora.