Bola Internasional

Timnas Indonesia Berjaya di Era Shin Tae-yong, Netizen: Terima Kasih Ratu Tisha!

Minggu, 25 September 2022 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ratu Tisha, mantan Sekjen PSSI di acara konferensi pers dan pelepasan angkatan kedua tim Garuda Select 2019 di Gedung Kedutaan Besar Inggris pada Selasa (08/10/19). Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ratu Tisha, mantan Sekjen PSSI di acara konferensi pers dan pelepasan angkatan kedua tim Garuda Select 2019 di Gedung Kedutaan Besar Inggris pada Selasa (08/10/19).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia terus mencapai kejayaan di bawah komando pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Netizen pun terkenang dengan sosok Ratu Tisha.

Bersama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023, walaupun hanya menjadi runner-up di Piala AFF 2020 yang digelar di akhir tahun 2021 kemarin.

Di kelompok usia muda, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan.

Tim yang ia racik juga mulai padu, karena Timnas Indonesia U-20 masih akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Baru-baru ini, Shin Tae-yong lagi-lagi jadi buah bibir karena berhasil melanjutkan tren positif saat Timnas Indonesia menang 3-2 atas Timnas Curacao di FIFA Match Day.

Nyatanya, kesuksesan Shin Tae-yong ini tak lepas dari peran sosok penting yang sudah membawanya ke Indonesia, siapa lagi kalau bukan eks Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Jauh sebelumnya, Ratu Tisha mengatakan bahwa ia sangat gigih dalam upaya untuk mendatangkan Shin Tae-yong, agar mau menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia.

"Saat itu saya cukup ngotot menghubungi (Shin Tae-yong). Jadi, semua jalur saya coba, makanya dia sampai merasa terusik kan," kata Ratu Tisha kepada awak media.

Perjuangan Ratu Tisha akhirnya terbayar. Walau ia sudah tak lagi menjabat di PSSI, tetapi impiannya melihat skuat Garuda berprestasi di kancah dunia pun terwujud.

Seiring dengan hasil kemenangan Timnas Indonesia vs Curacao, nama Shin Tae-yong dan Ratu Tisha akhirnya kembali menjadi trending di platfom media sosial Twitter.