Bola Internasional

Disandingkan dengan Arteta dan Solskjaer, Coach Justin Puji Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Kamis, 29 September 2022 12:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/Indosport.com
Coach Justin membandingkan gaya melatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dengan Ole Gunnar Solskjaer dan Mikel Arteta. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Coach Justin membandingkan gaya melatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dengan Ole Gunnar Solskjaer dan Mikel Arteta. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Komentator dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, membandingkan gaya melatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia dengan eks Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dan pelatih Arsenal saat ini, Mikel Arteta.

Pujian pria yang akrab disapa Coach Justin terhadap Shin Tae-yong ini diungkapkan menyusul keberhasilan timnas Indonesia mengalahkan Curacao dalam dua kali pertemuan FIFA Matchday.

Pada pertemuan pertama, Curacao terkena comeback timnas yang menang 3-2 yang kemudian kembali mengalahkan Curacao di pertemuan edua dengan skor tipis 2-1.

Hasil ini diprediksi bakal mendongkrak posisi Timnas Indonesia di bawah besutan Shin Tae-yong ke peringkat 153 pada ranking dunia FIFA.

Bukan hanya itu, Shin Tae-yong nampaknya juga akan diganjar kontrak baru oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan durasi empat tahun.

Namun, tepatkah keputusan PSSI memercayakan progress timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong dalam jangka panjang di waktu mendatang?

Coach Justin menilai bahwa kemenangan Timnas Indonesia adalah sebuah proses yang sedang dilalu Shin Tae-yong. Selain itu, ini jad ajang pembuktian STY atas kesempatan yang diberikan oleh PSSI.

“Kita tahu pada saat dia ditunjuk, saya liat dia beberapa kali main, saya dulu mendukung Shin Tae-yong untuk beberapa waktu. Jadi saya bukan paranormal yang bisa lihat dia langsung turn in, bagus atau enggak,” ujar Coach Justin di kanal YouTube pribadinya.

“Ini pelatih yang tetap manusia pasti ada salahnya, yang kita lihat adalah trennya naik turun naik turun, Indonesia di bawah dia ada kalahnya, ada main jeleknya,” lanjutnya.

Berbicara soal proses yang tengah dijalani Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia, Coach Justin juga memberikan contoh dua pelatih Eropa yang diberi kesempatan sama namun hasilnya berbeda.