Liga Indonesia

Nugroho Setiawan, Security Officer Berlisensi FIFA Paham Betul Sistem Keamanan Pertandingan

Selasa, 4 Oktober 2022 07:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

INDOSPORT.COM - Kenali Nugroho Setiawan, satu-satunya orang Indonesia berlisensi FIFA Security Officer yang paham betul mengenai sistem keamanan pertandingan.

Baru-baru ini, publik Indonesia dikejutkan dengan tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang. Banyak pihak menyoroti sistem keamanan dari pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah Nugroho Setiawan. Dia merupakan satu-satunya orang Indonesia pemegang lisensi FIFA Security Officer.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang itu menjadi perhatian khusus karena sistem keamanan kurang maksimal.

Sebuah utas di Twitter menyebutkan bahwa Nugroho Setiawan dulu merupakan angota PSSI. Dia juga memiliki peran untuk membekali polisi mengenai SOP keamanan dalam sepak bola.

Sayangnya, Nugroho tiba-tiba angkat kaki dari PSSI tanpa kejelasan. Sungguh kerugian besar mengingat kapasitasnya yang sangat dibutuhkan oleh federasi.

Nugroho Setiawan sempat menjabat FIFA Hygiene Officer ketika pandemi Covid-19. Dia merupakan satu-satunya petugas dari Indonesia.

Ketiadaan sosok Nugroho, yang sangat paham soal penanganan keamanan sepak bola, di PSSI sangat disayangkan mengingat Tragedi Kanjuruhan berkaitan erat dengan kesalahan prosedur pengamanan.