Bola Internasional

Timnas Indonesia Bernafas Lega, 'Messi Thailand’ Resmi Mundur dari Piala AFF 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 16:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Lionel Messi dikawal dua pemain Kawasaki Frontale, Kento Tachibanada dan Chanathip Songkrasin. Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon. Copyright: © REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Lionel Messi dikawal dua pemain Kawasaki Frontale, Kento Tachibanada dan Chanathip Songkrasin. Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon.
Chanathip Songkrasin Beri Kesempatan ke Pemain Muda Thailand

Chanathip Songkrasin sendiri bukan bermaksud menolak kesempatan membela negaranya di ajang ini. Namun, faktor sudah kenyang akan pengalaman dan cedera jadi pertimbangan utama.

“Saya tidak mengatakan bahwa saya tidak ingin bermain untuk Thailand. Namun, saya telah mengikuti empat Piala AFF dan tahun ini, saya tidak berpikir saya siap,” jelas Chanathip.

“Saya telah mengalami empat cedera di masa lalu. tahun, tubuh saya tidak pernah benar-benar beristirahat. Jadi saya ingin fit sebelum musim baru,” sambung pemain berjulukan Messi Thailand tersebut.

“Saya telah memutuskan untuk mundur dari Piala AFF 2022 dari beberapa bulan terakhir. Saya perlu waktu untuk pulih dan saya juga ingin talenta muda punya kesempatan untuk beraksi,” tegasnya.

Absennya Chanathip tentu saja menjadi kerugian besar bagi Timnas Thailand. Pasalnya, dalam tiga kali terakhir mengikuti Piala AFF, Chanathip selalu diganjar sebagai Pemain Terbarik di ajang ini.

Bukan hanya itu, Chanathip selalu jadi tulang punggung Thailand dalam memenangkan trofi, termasuk saat mengalahkan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 dengan kemenangan agregat 6-2 awal tahun ini.

Namun, absennya Chanathip menjadi kabar gembira bagi Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong yang akan langsung menghadapi Thailand di fase grup Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia yang tengah dalam performa meyakinkan di sepanjang tahun ini bakal semakin percaya diri menghadapi Thailand, ditambah kedalaman skuad yang mereka miliki saat ini.

Timnas Indonesia dan Thailand tergabung di Grup B Piala AFF 2022 bersama dengan Filipina, Kamboja, dan pemenang playoff antara Timor Leste atau Brunei Darussalam.

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di