Bola Internasional

Bima Sakti Bubarkan Timnas U-17 dan Fokus Asian Youth Games, Ini 2 Alumni yang Masih Eksis

Kamis, 13 Oktober 2022 15:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Bima Sakti resmi membubarkan Timnas Indonesia U-17, dan fokus menangani persiapan Asian Youth Games 2022. Ini dua alumni yang masih eksis.

Timnas Indonesia U-17 gagal melenggang ke Piala Asia U-17 2023 setelah takluk dengan skor 1-5 dari Malaysia, Minggu (9/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat.

Kekalahan itu membuat skuat Garuda Asia finis di urutan kedua klasemen akhir Grup B dengan raihan sembilan poin, tetapi belum beruntung bisa menjadi runner up terbaik.

Mengingat tidak ada lagi agenda yang dihadapi timnya, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti pun membubarkan pemain.

Bima Sakti sendiri akan langsung fokus mempersiapkan Timnas Pelajar Indonesia yang akan maju di Asian Youth Games 2022.

Belum dikonfirmasi, kelompok timnas usia berapa yang dikirim oleh Indonesia di ajang ini. Tetapi kemungkinan besar Bima Sakti akan menangani Timnas U-13 atau U-14.

Berhubung usianya lebih muda dari skuat Timnas Indonesia U-17. Maka Arkhan Kaka dkk akan kembali ke klub masing-masing.

"Ada jadwal Asian Youth Games di China. Sementara ini, kami akan mengembalikan pemain ke klub, karena persiapan sudah sebulan lebih," ucap Bima Sakti ke media.

Bicara soal Asian Youth Games, Indonesia sudah cukup lama absen berpartisipasi di ajang ini. Terakhir kali Merah Putih tampil dalam edisi Asian Youth Games 2013 lalu.

Asian Youth Games berada di level yang sama dengan Asian Games, pesta olahraga terbesar bagi negara-negara di Asia, tetapi ajang ini dikhususkan untuk atlet remaja.