Piala Dunia 2022

Menanti Tuah Tim Benua Hitam Afrika di Piala Dunia 2022

Rabu, 2 November 2022 18:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© reutersconnect.com
Neymar mendapat pengawalan ketat Mohammed Kudus dan Iddrisu Baba di laga Brasil vs raksasa Afrika Ghana jelang Piala Dunia 2022. REUTERS/Benoit Tessier Copyright: © reutersconnect.com
Neymar mendapat pengawalan ketat Mohammed Kudus dan Iddrisu Baba di laga Brasil vs raksasa Afrika Ghana jelang Piala Dunia 2022. REUTERS/Benoit Tessier

INDOSPORT.COM - Afrika menjadi salah satu benua yang mengirimkan wakilnya di gelaran Piala Dunia 2022. Meski demikian, berita Piala Dunia kali ini mencatat bahwa tidak ada negara Afrika yang berhasil melewati babak 8 besar di Piala Dunia.

Terdapat suatu pembatasan terkait sepak bola di Afrika dalam gelaran Piala Dunia yang sudah sekian lama digelar.

Prestasi terbaik tim asal Benua Hitam di Piala Dunia adalah mencapai babak 8 besar. Sampai saat ini belum ada tim Afrika yang mampu mencapai babak semifinal.

Pada edisi Piala Dunia tahun 1990, Kamerun menetapkan tolak ukur maksimal dengan mencapai babak 8 besar.

Saat itu, Roger Milla menjadi bintang timnas Kamerun dalam gelaran Piala Dunia yang terkenal dengan selebrasinya. Kamerun berhasil menang atas Argentina, Rumania, dan Kolombia sebelum akhirnya gugur.

Begitu juga dengan Senegal dan Ghana yang mencapai babak 8 besar pada edisi Piala Dunia 2002 dan 2010. Mencapai babak 8 besar di pesta akbar sepak bola Piala Dunia merupakan prestasi terbaik wakil Afrika di Piala Dunia.

Setelah itu, banyak publik yang mengharapkan tim asal benua Afrika mampu menembus prestasi maksimal dalam setiap gelaran Piala Dunia.

Harapan itu juga datang dari legenda sepak bola Brasil, Pele. Tim asal Afrika sempat diprediksi oleh Pele akan memenangkan Piala Dunia pada abad ke-21 atau tahun 2000-an.

Namun, prediksi Pele tersebut sampai saat ini belum bisa direalisasikan dengan sempurna. Tahun 2002, Senegal mencuri perhatian dalam gelaran Piala Dunia di Korea dan Jepang.