Liga Indonesia

Alasan Mengejutkan PSIS Semarang Pulangkan Eks Lazio, Duje Javorcic

Senin, 14 November 2022 17:43 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© PSIS Semarang
Pemain trial PSIS Semarang, Duje Javorcic. (Foto: PSIS Semarang) Copyright: © PSIS Semarang
Pemain trial PSIS Semarang, Duje Javorcic. (Foto: PSIS Semarang)

INDOSPORT.COM - Duje Javorcic harus mengubur harapan untuk membela PSIS Semarang pada kompetisi Liga 1 2022/2023. Setelah sebulan menjalani masa trial, eks tim muda Lazio dinyatakan belum sesuai harapan.

Duje Javorcic sebenarnya memiliki track record yang menjanjikan. Pemain berusia 22 tahun ini merupakan anggota tim nasional Kroasia pada UEFA U-17 Championship 2018 dan UEFA U-19 Championship 2019.

Duje Javorcic dilirik tim muda Kroasia karena pernah jadi bagian tim Lazio Primavera pada 2016-2017. Setelah dari Kroasia, Duje juga pernah berkarier di klub Perancis, Amiens SC II dan berkarir di Slowakia bersama tim Nitra.

Dalam dua musim terakhir, Duje Javorcic kembali ke negaranya untuk jadi bagian tim Dugopolje. Tim ini mengikuti kompetisi Liga 2 Kroasia.

Dari catatan Soccerway, pemain berposisi gelandang ini mencatatkan 26 penampilan pada musim 2020/2021 serta 27 penampilan pada 2021/2022. Setelahnya, Duje Javorcic mengintip tantangan berkarier di Asia.

Dalam sebulan ini Duje Javorcic menyepakati masa trial selama satu bulan di tim Mahesa Jenar. Ia sempat diturunkan saat PSIS menggelar uji coba melawan tim Liga 2, Persijap Jepara.

Dalam laga di Stadion Citarum Semarang, 28 Oktober 2022 lalu, Duje ditampilkan sebagai starter. Ia membawa PSIS menang atas Persijap 1-0 lewat gol Hari Nur Yulianto.

Hanya saja, performa Duje Javorcic dalam sebulan ini dirasa belum memenuhi ekspektasi tim pelatih PSIS. Maka, diputuskan bahwa masa trial Duje Javorcic telah berakhir.

Kualitas yang dimiliki pemain kelahiran 25 November 1999 ini dirasa tak lebih baik dari pemain asing yang sudah ada, seperti gelandang Taisei Marukawa dan Jonathan Cantillana.

"Mewakili tim pelatih dan berdasarkan hasil rapat antara tim pelatih, tim analisa serta manajemen, Duje diputuskan kami pulangkan karena belum memenuhi kriteria," kata asisten pelatih PSIS, Achmad Resal, Senin (14/11/22).