Piala Dunia 2022

5 Kejutan dari Negara Besar di Fase Grup dalam Sejarah Piala Dunia

Jumat, 25 November 2022 16:51 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala Dunia selalu menghadirkan kejutan. Termasuk dengan kejutan menyakitkan dari negara-negara besar yang tampil mengecewakan di fase grup.

Memang sudah layak jika suatu negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia terakhir, tentu akan tampil percaya diri di edisi berikutnya. Apalagi, jika negara itu berisikan banyak pemain bintang.

Namun dua hal tersebut tidak menjamin sang juara bertahan akan melangkah mulus dan jauh pada edisi Piala Dunia berikutnya.

Hal inilah yang terjadi pada negara-negara besar dan juga peraih juara Piala Dunia di edisi sebelumnya.

Untuk itu, berikut lima kejutan dari negara besar di fase grup dalam sejarah Piala Dunia.

Prancis - Piala Dunia 2002

Setelah menjuarai Piala Dunia 1998, Prancis datang ke Piala Dunia 2002 sebagai salah satu favorit juara. Apalagi, mereka diperkuat pemain seperti Zinedine Zidane dan Thierry Henry.

Kala itu, Prancis kehilangan Zidane karena dilanda cedera. Hal ini jadi mimpi buruk karena gol tunggal Papa Bouba Diop membawa Senegal menang 1-0.

Di laga kedua, Prancis cukup baik dengan menahan imbang 0-0 dari Uruguay. Tetapi, mereka kembali menelan kekalahan 0-2 dari Denmark.

Dari tiga laga grup tersebut, Prancis sama sekali tidak mampu mencetak gol satupun dan hanya memperoleh total satu poin sehingga membuatnya gagal lolos dari fase grup.