Piala Dunia 2022

5 Pemain Kelahiran Prancis Andalan Tunisia di Piala Dunia 2022, Satu dari Liga Italia

Jumat, 25 November 2022 19:24 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Pemain Denmark, Thomas Delaney dan Joachim Andersen saat berebut bola dengan pemain Tunisia Youssef Msakni dan Issam Jebali di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Pemain Denmark, Thomas Delaney dan Joachim Andersen saat berebut bola dengan pemain Tunisia Youssef Msakni dan Issam Jebali di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Prancis adalah negara yang akrab untuk orang-orang Afrika. Salah satunya negara Tunisia, yang memiliki 5 pemain kelahiran Prancis di Piala Dunia 2022 ini.

Sebenarnya terdapat catatan sejarah antara Prancis dan Tunisia. Prancis menduduki Tunisia paddari tahun 1881-1956 silam. 

Namun menduduki bukan seperti penjajahan, jadi Tunisia melihat Prancis seperti saudara tua. Begitu juga warga negaranya yang senang merantau ke Prancis. 

Khususnya pada periode 1881-1956 tersebut, banyak warga Tunisia yang merantau ke Prancis untuk mencari peruntungan hidup. 

Tidak hanya profesi kasar, kini banyak orang-orang keturunan Tunisia yang terjun ke dunia sepak bola. 

Hingga akhirnya sederet pemain yang lahir di Prancis, kini membela Tunisia di Piala Dunia 2022 di Qatar. Siapa saja mereka?

1. Aissa Laidouni

Aissa Laidouni merupakan gelandang tengah yang bermain di klub Hungaria Ferencvaros. Namun dia mengawali karirnya di klub Liga Prancis SCO Angers.

Dia lahir di Montfermeil, Prancis pada tanggal 13 Desember 1996 dan masuk ke akademi Angers pada tahun 2016 lalu. 

Pada Maret 2021 kemarin, Laidouni baru mendapat panggilan pertamanya untuk debut bersama Tunisia senior. 

Sering dimainkan di pos gelandang bertahan, dia bermain sangat baik ketika Tunisia menghadapi Denmark di Piala Dunia 2022 ini.