Bola Internasional

Media Inggris Sebut Elkan Baggott Absen di Babak Grup Piala AFF 2022, Ini Penjelasan PSSI

Minggu, 27 November 2022 04:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/David Klein
Respons PSSI usai kabar Ipswich Town dan Gillingham FC yang berikan izin Elkan Baggott ke Timnas Indonesia jika bisa lolos penyisihan grup Piala AFF 2022. Copyright: © REUTERS/David Klein
Respons PSSI usai kabar Ipswich Town dan Gillingham FC yang berikan izin Elkan Baggott ke Timnas Indonesia jika bisa lolos penyisihan grup Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyempatkan diri ke Inggris, tepatnya berkunjung ke klub kasta keempat, Gillingham FC sebelum kembali ke Indonesia usai pemusatan latihan Timnas U-20 di Spanyol.

Rupanya, Shin Tae-yong bertemu bek keturunan, Elkan Baggott. Juru taktik asal Korea Selatan itu juga bersua pelatih Gillingham untuk membicarakan izin membawa Elkan ke Piala AFF 2022 yang dimainkan mulai 20 Desember nanti.

Meski demikian, belum ada informasi terbaru soal peluang Elkan bermain di Piala AFF 2022. 

Kabar terbaru dari media Inggris yakni TWRD, Ipswich Town dan Gillingham FC baru akan memberikan izin apabila Timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan grup.

Artinya, pemain 20 tahun itu hanya dilepas jika skuad Garuda lolos ke babak semifinal dan final Piala AFF 2022.

Berdasarkan informasi tersebut, maka Elkan Baggott akan melewatkan pemusatan latihan dan empat laga di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2023.

Jika Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022, maka Elkan baru bisa beraksi pada 6 dan 10 Januari. Sedangkan final akan berlangsung pada 13 dan 16 Januari.

Ketika ditanya nasib Elkan Baggott, PSSI menyampaikan belum mengetahui hasil komunikasi tersebut karena menunggu kepulangan Shin Tae-yong lebih dulu.

"Nanti coach Shin yang update. Karena besok (hari ini-red) Shin dan rombongan Timnas U-20 pulang," kata direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

Elkan Baggott memang didaftarkan PSSI ke AFF untuk kejuaraan tahun ini. Dia satu dari empat pemain keturunan yang jadi andalan Shin Tae-yong.

Elkan sudah pernah jalani debut di Piala AFF 2020 yang dimainkan tahun lalu. Ketika itu, dia tampil enam pertandingan dan cetak satu gol.