In-depth

Timnas Indonesia Pakai 4 Pemain Naturalisasi di Piala AFF 2022, Terbanyak Sepanjang Sejarah?

Rabu, 30 November 2022 20:33 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22).

INDOSPORT.COM - Jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong resmi memanggil empat pemain naturalisasi ke Timnas Indonesia. Apakah ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah?

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong akhirnya bisa menggunakan jasa Sandy Walsh dan Jordi Amat di Timnas Indonesia untuk laga Internasional termasuk Piala AFF 2022.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), sejak dilantik di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta pada Kamis (17/11/22) lalu.

Selain itu, ada juga gelandang naturalisasi milik Persib Bandung yakni Marc Klok. Kemudian yang terbaru Shin Tae-yog memutuskan memanggil bomber Bali United yakni Ilija Spasojevic alias Spaso.

Bila mereka lolos seleksi Shin Tae-yong dalam mengikuti pemusatan latihan, maka Timnas Indonesia bakal diperkuat empat pemain naturalisasi di Piala AFF 2022.

Apakah Timnas Indonesia menggunakan jasa empat pemain naturalisasi terbanyak dalam sejarah pada tahun ini? Berikut daftar pemain naturalisasi skuat Garuda di Piala AFF sejak 2010 silam:

Piala AFF 2010

Pada Piala AFF 2010 silam, Timnas Indonesia untuk pertama kalinya mulai menggunakan jasa pemain naturalisasi. Saat itu skuat Garuda diperkuat oleh Cristian Gonzales.

Pemain berjulukan El Loco ini tampil mengesankan di Piala AFF 2010. Legenda Persik Kediri tersebut mencetak tiga gol di sepanjang turnamen.

Termasuk dua gol di kedua leg saat semifinal. Namun sayang, di babak final ia tak bisa berbuat banyak untuk membantu Timnas Indonesia menjadi juara.