Piala Dunia 2022

3 Kesalahan Fatal Jerman di Piala Dunia 2022 yang Bikin Mereka Tersingkir

Jumat, 2 Desember 2022 13:02 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS-Kai Pfaffenbach
Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer coba menahan serangan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach Copyright: © REUTERS-Kai Pfaffenbach
Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer coba menahan serangan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Timnas Jerman harus mengulang kisah pahit di Piala Dunia 2022. Mereka tersingkir dari babak penyisihan grup, seperti edisi 2018 lalu karena kesalahan-kesalahan ini.

Jerman harus menerima kenyataan pahit, tersingkir lebih cepat untuk kali kedua dalam dua edisi terakhirnya di Piala Dunia, yakni edisi 2018 dan edisi 2022.

Tersingkirnya tim berjuluk Der Panzer ini dikarenakan kekalahan selisih gol dari Spanyol yang di bersamaan tumbang dari Jepang dengan skor 1-2, Jumat (02/12/22) dini hari WIB.

Sejatinya, Jerman berhasil menutup laga pemungkasnya di grup E dengan kemenangan usai mengandaskan Kosta Rika dengan 4-2.

Empat gol Jerman itu dicetak oleh Serge Gnabry, Niclas Fullkrug, dan dua gol Kai Havertz, yang dibalas oleh Kosta Rika lewat dua gol masing-masing dari Yeltsin Tejeda dan gol bunuh diri Manuel Neuer.

Hasil ini pun membuat Jerman merengkuh empat poin, poin yang sama dengan Spanyol usai tumbang dari Jepang di waktu bersamaan.

Nahasnya, Jerman kalah selisih gol dari Spanyol yang memiliki surplus enam gol berkat kemenangan besar atas Kosta Rika di laga pertama grup E.

Karena kalah selisih gol dan hanya menempati posisi ketiga klasemen, Jerman pun akhirnya harus tersingkir dan angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022.

Fakta ini pun menjadi catatan buruk bagi Jerman. Pasalnya, selain berstatus tim unggulan di Piala Dunia 2022 ini, Die Mannschaft juga berstatus peraih gelar terbanyak kedua di ajang ini.

Komposisi pemain Jerman yang dibawa Hansi Flick sendiri untuk Piala Dunia 2022 sebenarnya banyak mengundang kritikan.

Sebab mantan pelatih Bayern Munchen itu banyak membawa pemain berumur meski berpengalaman. Alhasil, Jerman melakukan tiga kesalahan ini yang berujung permainan buruk mereka di fase grup Piala Dunia 2022. Apa saja itu?