Liga Indonesia

'Lebih Muda' 10 Tahun! Spasojevic Optimistis Gacor di Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong

Jumat, 2 Desember 2022 13:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Bali United
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic, saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. (Foto: Bali United) Copyright: © Bali United
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic, saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Ilija Spasojevic punya kans besar untuk memenuhi ekspektasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kali ini, Spaso datang dengan kondisi yang lebih kurus dan lincah dari 2021 lalu.

Spaso merupakan sosok baru yang dipanggil Timnas Indonesia pada Rabu (30/11/22) pagi. Spaso dipanggil untuk menggantikan Dimas Drajad yang masih cedera.

Bagi Spaso, pemanggilan ini merupakan sebuah kabar baik. Pasalnya, namanya sempat tersingkir dari tim Garuda ketika tak dibawa pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA) bulan Mei 2021.

Ada hal berbeda yang dihadirkan Spaso pada edisi kali ini. Bomber milik tim Bali United ini datang dengan kondisi badan yang lebih kurus.

Ya, setelah tampil kurang bagus pada Piala AFC 2022, Spaso memutuskan untuk diet, berdasarkan masukan dari ahli nutrisi. Ia menurunkan berat badan dari 91 kilogram menjadi 86 kilogram.

Dari usaha itu, Spaso terlihat lebih lincah di lapangan. Ia menjadi tembok pertama pertahanan Bali United dengan berlarian mengejar bek lawan yang hendak build-up serangan.

Selain itu, ketajaman Spaso juga terus terjaga. Spaso sudah menyumbang tujuh gol untuk Bali United di Liga 1 2022/2023. Jumlah ini menjadi yang terbanyak diantara penyerang Timnas saat ini.

Dari catatan itu, Spaso sejatinya punya kans untuk memenuhi ekspektasi Shin Tae-yong. Dalam strategi pelatih asal Korea Selatan itu, penyerang dituntut untuk lebih energik dan banyak berlari.

Sementara dari catatan GPS saat pertandingan Liga 1, Spaso berlari hampir 10 kilometer di setiap laga. Catatan itu berusaha ditampilkannya selama pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

"Saya harap bisa menjawab kepercayaan Coach Shin Tae-yong pada kali ini," kata Spaso dalam laman resmi Bali United, Kamis (01/12/22).