Bola Internasional

Asisten Shin Tae-yong Beri Kabar Baik soal Peluang Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 18:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Jelang Piala AFF 2022, Kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia dilaporkan dalam keadaan kurang ideal selama pemusatan latihan di Bali.

Pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu mengatakan kekurangan para pemain saat ini adalah fisik dasar, power, dan stamina. Itu disebabkan sebagian besar pemain yang dipanggil tidak bertanding selama dua bulan terakhir.

Fisik Marc Klok dkk kedodoran karena Liga 1 distop sementara sejak awal Oktober 2022 karena Tragedi Kanjuruhan. Klub memilih meliburkan pemain dan baru belakangan berlatih, sehingga kondisi pemain tidak dalam top perform.

"Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir, tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur. Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin," kata Shin Sang-gyu.

Karena itu, tim pelatih Timnas Indonesia mempercepat jadwal TC di Bali sejak 28 November lalu, dari jadwal semula yang dimulai pada 10 Desember 2022 mendatang.

Shin Sang-gyu juga optimis kondisi fisik pemain Timnas Indonesia akan kembali normal. Masih ada waktu beberapa minggu hingga laga perdana pada 23 Desember 2022.

Pelatih asal Korea Selatan itu memprediksi, performa pemain skuad Garuda akan capai puncaknya saat jumpa Thailand di Grup A pada 29 Desember 2022.

"Memang bisa dibilang fisik masih kurang, karena itu kami percepat TC. Ada dua pertandingan sebelum lawan Thailand dan kedua pertandingan itu bisa meningkatkan fisik," ujar Shin Sang-gyu.

"Sambil menjalani turnamen, pasti akan mempertahankan fisik yang sudah terbentuk nantinya," sambungnya.