Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Belum Berakhir, FIFA Buat Geger dengan Perubahan Format Edisi Selanjutnya

Minggu, 4 Desember 2022 02:19 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Verdict
Piala Dunia 2022 di Qatar belum berakhir, FIFA membuat geger para penggemar sepak bola dengan perubahan format pada edisi selanjutnya. Copyright: © Verdict
Piala Dunia 2022 di Qatar belum berakhir, FIFA membuat geger para penggemar sepak bola dengan perubahan format pada edisi selanjutnya.

INDOSPORT.COM – Piala Dunia 2022 di Qatar belum berakhir, FIFA membuat geger para penggemar sepak bola dengan perubahan format pada edisi selanjutnya.

Perubahan itu mengacu kepada rencana yang telah disusun oleh FIFA pada 2017 lalu, terkait dengan jumlah tim yang mengisi satu grup.

Sebelumnya, muncul laporan yang mengatakan bahwa Piala Dunia 2026 akan terdiri dari 16 grup, dengan diisi oleh 3 tim.

Namun, melansir dari Marca, Piala Dunia 2026 akan tetap menggunakan format yang sama, dengan artianya setiap grup tetap diisi oleh 4 tim.

Hanya saja, jumlah grup pada Piala Dunia selanjutnya menjadi 12. Setelah sebelumnya, FIFA selalu menggunakan format 8 grup.

Hal tersebut dikarenakan FIFA ingin menambah peserta dalam gelaran terakbar yang dihelat selama 4 tahun sekali tersebut, agar menjadi lebih banyak lagi.

“Kemungkinan penyisihan grup Piala Dunia berikutnya diminta untuk terdiri dari 12 grup yang terdiri dari 4 tim, bukan 16 dengan masing-masing tiga tim, seperti yang telah disetujui.”

“Dua tim teratas di setiap grup, serta delapan tim urutan ketiga terbaik, akan melaju ke babak 16 besar di mana 32 tim akan bermain,” tulis laporan yang dikutip dari Marca.

Selain itu, pada gelaran Piala Dunia 2026 mendatang, FIFA juga dilaporkan akan mengikutsertakan 48 negara. Dari yang sebelumnya hanya 32, pada babak penyisihan grup.

Hal tersebut selaras dengan tujuan yang dimiliki oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, untuk memajukan Sepak Bola dunia.