Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Jepang vs Kroasia: Vatreni Menang Lewat Adu Penalti atas Samurai Biru

Selasa, 6 Desember 2022 00:43 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Marko Djurica
Selebrasi pemain Kroasia usai menang atas Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 lewat adu penalti (Foto: REUTERS/Marko Djurica). Copyright: © REUTERS/Marko Djurica
Selebrasi pemain Kroasia usai menang atas Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 lewat adu penalti (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

INDOSPORT.COM - Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Kroasia digelar di Stadion Al Janoub. Pertandingan ini berhasil dimenangkan oleh Kroasia dengan skor 3-1 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Pertandingan antara Jepang vs Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 berjalan dengan sengit dan menarik. Kedua tim sama-sama menunjukkan pemainan tak mau menyerah.

Meski Kroasia mampu mendominasi jalannya pertandingan, Jepang juga tak mau kalah dengan menggencarkan serangan balik yang dibangun dari lini belakang.

Jepang bahkan sempat unggul lebih dulu melalui Daizen Maeda di menit ke-43. Sementara Kroasia membalasnya di awal babak kedua melalui Ivan Perisic di menit ke-55.

Di pertengahan babak kedua, baik Jepang dan Kroasia semakin jual-beli serangan. Mereka sama-sama tampil ngotot demi mengembalikan kedudukan.

Hingga peluit tiga kali dibunyikan tanda berakhirnya pertandingan di waktu normal, skor 1-1 tak berubah hingga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim tampak lebih berhati-hati dalam membangun serangan, meski skema permainan balas-berbalasan serangan masih terlihat oleh Jepang maupun Kroasia.

© REUTERS/Matthew Childs
Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Kroasia (Foto: REUTERS/Matthew Childs). Copyright: REUTERS/Matthew ChildsPertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Kroasia (Foto: REUTERS/Matthew Childs).

Permainan yang disuguhkan oleh kedua tim pun tak jauh berbeda di perpanjangan waktu kedua yang memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Kroasia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1. Kroasia pun melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022 dan akan menunggu pemenang dari laga Brasil vs Korea Selatan yang akan menjadi lawan mereka.

Tiga pencetak gol penalti Kroasia berhasil diciptakan oleh Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic, sementara satu-satunya gol Jepang berhasil diciptakan oleh Takuma Asano. Sedangkan Marko Livaja menjadi satu-satunya pemain Kroasia yang gagal mengeksekusi penalti ke gawang Jepang.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic menjadi bintang dalam adu penalti ini, di mana tiga penendang Jepang, yakni Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan kapten Maya Yoshida berhasil ia tepis dengan baik.

Babak Pertama

© REUTERS/Hamad I Mohammed
Selebrasi pemain Jepang saat melawan Kroasia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed). Copyright: REUTERS/Hamad I MohammedSelebrasi pemain Jepang saat melawan Kroasia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed).

Sejak kick off babak pertama, Kroasia langsung mengendalikan permainan dengan baik. Sementara Jepang memilih untuk bermain bertahan sambil sesekali mencuri kesempatan untuk mengancam gawang Kroasia.

Memasuki pertengahan laga, kedua tim mulai memanas, di mana jual beli serangan mulai terlihat.

Meski Kroasia mendominasi jalannya pertandingan, namun Jepang masih sempat memberikan perlawanan.

Memasuki menit akhir laga, Kroasia terus melepaskan ancaman ke gawang Jepang. Terlalu asyik menyerang membuat lini pertahanan mereka sedikit lengah.

Situasi ini pun dimanfaatkan oleh Jepang dengan baik. Mereka sukses mencetak gol di menit akhir babak pertama melalui gol Daizen Maeda di menit ke-43.

Keunggulan 1-0 Timnas Jepang atas Kroasia pun berakhir hingga turun minum.