In-depth

Rapor Tim-tim Afrika di Piala Dunia 2022 usai Maroko Lolos Perempat Final

Rabu, 7 Desember 2022 10:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Bernadett Szabo
Rapor tim-tim nasional asal benua Afrika yang berjuang di Piala Dunia 2022. Maroko, salah satunya berhasil lolos ke babak perempat final plus hujan rekor. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo). Copyright: © REUTERS/Bernadett Szabo
Rapor tim-tim nasional asal benua Afrika yang berjuang di Piala Dunia 2022. Maroko, salah satunya berhasil lolos ke babak perempat final plus hujan rekor. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

INDOSPORT.COM – Berikut ini rapor tim-tim nasional asal benua Afrika yang berjuang di Piala Dunia 2022. Maroko, salah satunya berhasil lolos ke babak perempat final dibarengi deretan rekor mentereng.

Kejutan terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Spanyol yang difavoritkan juara justru harus gugur usai dikalahkan Maroko lewat babak adu penalti.

Bertanding di Education City Stadium, Selasa (06/12/22), Maroko yang menurunkan skuad terbaiknya termasuk Archaf Hakimi, Hakim Ziyech, hingga Yassine Bounou sukses menjalankan taktik bertahan.

Sepanjang laga berjalan, sejatinya Spanyol mampu menguasai pertandingan dengan torehkan 77% penguasaan bola serta lepaskan 13 tembakan.

Berbanding terbalik dengan Maroko yang hanya memanfaatkan serangan balik, dan cuma catatkan 6 tembakan sepanjang laga.

Meski lebih dominan, namun Spanyol kerap kali kesulitan menembus pertahanan rapat Maroko bahkan banyak peluang emas yang mereka dapatkan harus terbuang percuma lantaran finishing yang buruk.

Kedudukan masih buntu hingga 90 menit laga berjalan. Tambahan waktu 2x15 menit juga tak mengubah keadaan dengan skor tetap imbang 0-0 sampai peluit panjang.

Pertandingan kembali dilanjutkan ke babak adu penalti. Apes bagi Spanyol, tiga penendang mereka gagal menjalankan tugas. Tendangan Pablo Sarabia, Carlos Soler hingga Sergio Busquets berhasil ditepis oleh kiper Yassine Bounou.

Di sisi lain, dari empat penendang Maroko, hanya Badr Benoun yang tak bisa menjalankan tugas. Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi berhasil mencetak gol dan membawa Maroko menang 3-0 serta lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Hasil ini memastikan Maroko akan menjadi satu-satunya tim non Eropa dan Amerika Selatan yang berhasil menapakkan kaki ke putaran delapan besar.

Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Maroko karena mereka adalah satu-satunya tim Afrika sekaligus berlabel kuda hitam yang mampu menyihir Piala Dunia.

Lantas bagaimana dengan tim-tim Afrika lainnya yang mentas di Piala Dunia 2022? Apakah mereka juga bernasib mujur seperti Maroko? Berikut ini INDOSPORT memaparkan ulasannya.