Liga Indonesia

Unbeaten di Liga 1, Bernardo Tavares Mengira Bakal Langsung Diusir dari PSM Makassar

Rabu, 7 Desember 2022 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson.

INDOSPORT.COM - Sebagai pemilik rekor 'unbeaten' di Liga 1 Indonesia 2022-2023, Bernardo Tavares ternyata sempat pesimis dan takut akan langsung didepak PSM Makassar.

Sebagaimana diketahui, PSM Makassar saat ini bertengger di puncak klasemen Liga 1 2022-2023, dengan status tak terkalahkan.

Pasukan Bernardo Tavares mengukir tujuh kemenangan dan empat hasil imbang. Belum ada tim yang bisa mengalahkannya.

Teranyar, PSM Makassar menang meyakinkan 2-0 atas Persikabo 1973, dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Sultan Agung Bantul.

Dua gol dilesakkan di babak kedua, yang pertama oleh Donald Bissa, memanfaatkan assist M. Arfan, dan gol kedua dari Everton, setelah mendapat umpan dari Dallen Doke.

Tak ada yang menyangka jika skuat Juku Eja yang dibantai di Piala AFC 2022 dan nyaris gugur di babak grup Piala Presiden 2022, kini berhasil merajai kompetisi Liga 1 2022-2023.

Semua orang sepakat jika itu adalah buah dari kerja keras sang pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares, yang pandai memilih pemain dan mengeluarkan potensinya.

Padahal, menurut agen yang membawa Tavares ke Indonesia, Azmi Ponti, pelatih asal Portugal itu adalah sosok yang sangat pesimis dan sempat tak percaya diri di PSM.

"Tiba di Indonesia, satu ucapan yang selalu diucapkan oleh Coach adalah: 'Saat Natal saya akan berada di Portugal dan tidak kembali ke Indonesia'," kenang Azmi.

Maklum, di awal kedatangan Bernardo Tavares ke PSM Makassar, tim ini belum terbentuk dan hanya diperkuat oleh para pemain akademi, ditambah pemain pelapis.