In-depth

3 Pengganti Sandy Walsh di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Kamis, 8 Desember 2022 14:16 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Sandy Walsh diperkirakan masih belum bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terutama di pertandingan perdana Grup A melawan Kamboja, tiga pemain ini bisa jadi opsi Shin Tae-yong.

Turnamen sepak bola terbesar di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2022, akan kembali bergulir tahun ini mulai Selasa, 20 Desember hingga Senin, 16 Januari 2023 mendatang.

Sejumlah negara peserta terus melakukan persiapan termasuk timnas Indonesia. Tim besutan pelatih Shin Tae-yong itu saat ini sedang melakukan pemusatan latihan atau TC.

Namun persiapan sedikit terganggu karena sejumlah masalah, mulai dari padatnya agenda Shin Tae-yong hingga liburnya kompetisi lokal, Liga 1.

Seperti kita ketahui, Shin Tae-yong juga sedang membagi fokus ke timnas Indonesia U-19, dalam persiapan tampil di Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Belum lagi masalah lainnya yang harus segera dibereskan adalah kondisi stamina para pemain, karena Liga 1 terhenti beberapa pekan lalu.

Sehingga sampai saat ini, TC para pemain Timnas Indonesia masih sebatas genjotan fisik untuk mengembalikan kebugaran para pemain, belum memasuki agenda taktikal.

Permasalahan tidak hanya sampai di situ, kekuatan Timnas Indonesia diprediksi akan berkurang lantaran penggawa naturalisasi belum bisa memperkuat tim.

Salah satunya adalah Sandy Walsh. Sebelumnya, sang pemain telah meninggalkan sesi latihan timnas Indonesia pada Rabu (7/12/22) untuk kembali ke klubnya, KV Mechelen.

Pihak klub memang memanggilnya untuk pulang. Proses perindahan federasi lama Belanda (KNVB) ke baru (PSSI) juga masih dalam proses.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan masih belum tahu berapa lama proses perubahan federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat akan memakan waktu.

"Kami masih menunggu surat ke FIFA. Nanti FIFA yang lebih tahu," ujar Mochamad Iriawan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) beberapa waktu lalu.

"Yang jelas, itu persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa pindah federasi," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Namun Iwan Bule memberikan sedikit harapan. Ia menyebut kalau Sandy Walsh kemungkinan besar baru akan bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022 melawan Brunei Darussalam.

Artinya, Sandy Walsh harus melewatkan laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 melawan Kamboja, 23 Desember 2022 mendatang. Lantas siapa yang cocok mengisi posisinya di bek kanan?