Liga Indonesia

Liga 1: 'Selingkuh' dari Tim Eropa, Begini Awal Bernardo Tavares Tertarik ke PSM Makassar

Jumat, 9 Desember 2022 17:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares ((Adriyan Adirizky/INDOSPORT)) Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares ((Adriyan Adirizky/INDOSPORT))

INDOSPORT.COM - Sempat meninggalkan karirnya di Eropa, begini awal Bernardo Tavares mengenal PSM Makassar hingga kini jadi pelatih 'unbeaten' di Liga 1 2022-2023.

Hingga pekan ke-13 Liga 1 2022-2023, PSM Makassar menjadi pemuncak klasemen dan satu-satunya tim yang tidak terkalahkan.

PSM Makassar sukses meraih delapan kemenangan dan empat hasil imbang dari 12 laga yang telah dilakoni. Teranyar, skuat Juku Eka membekuk Persita Tangerang 3-1.

Rekor mentereng ini tentu tak lepas dari pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares, yang dibawa oleh agen lokal, Azmi Ponti.

Faktanya, saat itu Azmi Ponti masih merintis  karir sebagai agen pemain dan pelatih, lalu ia menawarkan pelatih berbeda pada PSM.

Hanya saja, saat itu CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin menolak tawarannya, dan menginginkan juru taktik yang lebih muda, tetapi punya pengalaman di kancah Asia.

"Saya pikir saya punya satu nama, tapi dia sudah punya tim, dan saat itu dia sudah bekerja, dua atau tiga match. Saya coba membangun komunikasi," kata Azmi Ponti dalam tayangan Youtube Tommy Desky.

"Saya kira dia (Bernardo Tavares) akan menolak, karena dia bekerja di Finlandia, di klub yang punya history di sana. Tapi respon dia, 'tim apa yang kamu punya di Indonesia', salah satunya PSM," terang Azmi Ponti lagi.

"(Bernardo) tanya, 'berapa gaji yang bisa saya dapatkan', saya bilang, untuk pertama kali datang ke Indonesia, sekian Coach. 'Oke, kamu presentasikan tentang saya'."