Bola Internasional

Musuh Bebuyutan, 4 Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand Paling Sengit

Rabu, 28 Desember 2022 17:56 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Berikut adalah empat pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand paling sengit. Skuat Garuda dan Gajah Putih adalah benar-benar dua musuh bebuyutan. Copyright: © Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Berikut adalah empat pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand paling sengit. Skuat Garuda dan Gajah Putih adalah benar-benar dua musuh bebuyutan.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah empat pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand paling sengit. Skuat Garuda dan Gajah Putih adalah benar-benar dua musuh bebuyutan.

Piala AFF 2022 sudah di depan mata. Ajang sepak bola negara-negara Asia Tenggara ini akan dihelat mulai 20 Desember 2022 nanti.

Berdasarkan drawing, Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, dan musuh bebuyutan yang sulit dikalahkan, Thailand.

Sudah menjadi rahasia umum jika Thailand selalu menjadi batu sandungan Indonesia setiap kali ingin merengkuh trofi juara.

Bahkan, ada anekdot yang baru-baru ini beredar di media sosial, bahwa tidak ada hal yang ditakuti Timnas Indonesia, kecuali Tuhan, orang tua, dan Timnas Thailand.

Jika ditelusuri, memang ada beberapa partai sengit yang terjadi antara Timnas Indonesia vs Thailand, khususnya di ajang Piala AFF. Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Final Piala AFF 2000

Timnas Indonesia besutan pelatih Nandar Iskandar bersua Thailand di final Piala AFF 2000. Kala itu, skuat Merah Putih bermain di Rajamanggala Stadium, Bangkok.

Indonesia tertinggal 0-2 di awal babak pertama. Uston Nawawi coba memperkecil ketertinggalan lewat golnya di menit ke-20.

Namun, Garuda gagal membawa pulang trofi Piala AFF 2020 karena gawang yang dikawal Hendro Kartiko kebobolan dua gol lagi oleh pemain Thailand di babak kedua.

2. Final Piala AFF 2002

Seolah menjadi ulangan, Timnas Indonesia kembali menghadapi Thailand di final Piala AFF 2002, tetapi kali ini mereka bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Indonesia tertinggal 0-2 lebih dahulu, tetapi Garuda tidak gentar. Mereka pun berhasil mengejar ketertinggalannya di babak kedua lewat gol milik Yaris Riyadi dan Gendut Doni.

Skor ini pun bertahan hingga laga akhirnya berlanjut dengan adu penalti. Sayangnya, pada babak penentuan, Indonesia lagi-lagi harus kalah dari Thailand dengan skor 2-4.

3. Final Leg 2 Piala AFF 2016

Timnas Indonesia menatap Thailand di final Piala AFF 2016 yang berlangsung dalam dua leg. Leg pertama, Garuda berhasil menang tipis 2-1, saat bermain di Stadion Pakansari.

Namun memasuki leg kedua, bermain di Rajamanggala Stadium, skuat Garuda pun kandas dengan skor 2-0. Thailand unggul agregat gol dan berhak meraih trofi juara.

4. Final Piala AFF 2020

Takdir mengatakan Timnas Indonesia sekali lagi berjumpa Thailand pada final Piala AFF 2020. Laga penting itu dihelat di National Stadium Singapura, pada awal tahun 2022.

Leg pertama, Indonesia kandas 4-0. Namun yang lebih menegangkan adalah leg kedua.

Ricky Kambuaya membuat kejutan lewat gol cepat di menit ketujuh. Namun, memasuki babak kedua, Thailand pun memborong dua gol ke gawang Nadeo Argawinata di menit ke-54 dan 56. Harapan Garuda nyaris pupus.

Egy Maulana Vikri akhirnya mencetak gol pelipur lara di menit ke-79, membuat skor imbang 2-2. Namun, Indonesia tetap kalah agregat dan belum bisa memecahkan 'kutukan' kekalahan atas Thailand.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Supaya nonton pertandingan timnas Indonesia semakin semangat, jangan lupa beli DI SINI Indomie Hypeabis Kebab Rendang. MIX Asiks Kebab Turki dan Rendang Padang yang gurih nge-MIXAsiks di Indomie Hyepeabis Kebab Rendang, makin bikin pertandingan kelas dunia makin Asiks lho!