Liga Indonesia

Melihat Stadion Kanjuruhan, Jelang 100 Hari Memperingati Tragedi Kemanusiaan

Selasa, 3 Januari 2023 17:02 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Police line masih terpasang di Stadion Kanjuruhan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Police line masih terpasang di Stadion Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Tanpa terasa, Tragedi Kanjuruhan segera memasuki peringatan ke-100 hari pada Minggu (08/01/23) mendatang.

Selama tiga bulan berlalu, seiring pula belum ada penuntasan nyata dari kasus tragedi yang merenggut ratusan korban jiwa tersebut.

Tragedi kemanusiaan itu sendiri terjadi seusai peluit panjang berbunyi dalam Derby Jatim di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (01/10/22) lalu.

Arema FC selaku tuan rumah, gagal memaksimalkan dukungan puluhan ribu suporter setelah kalah 2-3 menjamu Persebaya Surabaya.

Insiden lantas meletus seusai pertandingan. Suporter masuk ke lapangan lantas diperparah dengan prosedur yang diterapkan pihak pengamanan.

Tercatat ada 135 orang meninggal dunia dengan ratusan lainnya mengalami luka-luka baik ringan, sedang maupun berat.

Itu merupakan data terakhir yang disimpulkan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, pada Senin (24/10/22) yang lalu.

Sejak saat itu, semua kompetisi sepak bola di Indonesia harus berhenti total. Baik jadwal-jadwal laga di Liga 1, 2 hingga 3.

Kendati setelah dua bulan, Liga 1 kembali berlanjut dengan sistem buble di Jawa Tengah dan Yogyakarta, untuk merampungkan putaran satu.

Lantas, bagaimana kondisi terkini Stadion Kanjuruhan? Indosport menyajikan sederet fakta perihal markas Arema FC itu pada Selasa (03/01/23).