In-depth

Rapor 5 Legenda Liga Inggris yang jadi Manajer di 2022/2023: Arteta di Pucuk, Lampard Paling Bapuk

Selasa, 24 Januari 2023 23:42 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/David Klein
Menjadi manajer di Liga Inggris (Premier League) tidaklah mudah. Bekal pernah menjadi pemain di sana bukan garansi sukses. Tanyakan saja pada Frank Lampard. (Foto: REUTERS/David Klein) Copyright: © REUTERS/David Klein
Menjadi manajer di Liga Inggris (Premier League) tidaklah mudah. Bekal pernah menjadi pemain di sana bukan garansi sukses. Tanyakan saja pada Frank Lampard. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Menjadi manajer di Liga Inggris (Premier League) tidaklah mudah. Bekal pernah menjadi pemain di sana bukan garansi sukses. Tanyakan saja pada Frank Lampard.

Lampard yang pernah memperkuat West Ham United, Chelsea, dan Manchester City dalam kurun waktu kurang lebih dua dekade adalah legenda besar kasta teratas sepakbola Inggris.

Tiga trofi Liga Inggris menambah mewah statistiknya yang sudah bergelimang 177 gol dan 112 assist dari 611 penampilan. Super Frank bahkan selalu dibicarakan dalam topik pemain tengah terbaik sepanjang masa kompetisi tersebut.

Tidak heran jika kemudian Lampard merasa percaya diri bisa merasakan sukses yang sama saat beralih menjadi juru taktik. Hanya saja pepatah pemain hebat belum tentu bisa menjelma jadi pelatih top kembali terbukti.

Dalam kariernya di touchline Liga Inggris yang masih seumur jagung karena dimulai dari 2019, Frank Lampard sudah mengalami dua pemecatan tanpa satupun raihan trofi.

Untuk semakin membuktikan bahwa titel mantan pemain pro jempolan saja tidak cukup, statistik menunjukkan jika dari lima legenda Liga Inggris yang menjadi manajer di 2022/2023 hanya dua yang masih bertahan dari pemecatan.

Siapa sajakah mereka dan bagaimana sepak terjang masing-masing pelatih sehingga masih bisa mempertahankan jabatan atau malah terdepak? Berikut ulasannya.

5. Frank Lampard (Everton - Dipecat)

Dalam daftar eks pemain Liga Inggris yang menjadi manajer di musim 2022/2023, karier aktif Frank Lampard adalah yang paling gemerlap. Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi.

Namun sebagai juru latih, kehebatan pria 44 tahun itu seolah menguap tanpa sisa. Everton mungkin menyesal telah menunjuknya sebagai nakhoda pada Januari tahun lalu dan tidak memperhitungkan perjalanannya bersama Chelsea yang juga berujung dengan PHK.

Lampard hanya bisa meraih tiga kemenangan untuk The Toffees dari total 20 pertandingan. Kontraknya yang masih tersisa hingga Juni 2024 kemudian dibatalkan usai Alex Iwobi cs cuma mengais dua poin dari delapan laga Liga Inggris terakhir.