Bola Internasional

Sempat Tolak Timnas Indonesia, Pemain Keturunan Ini Kian Mentereng di Liga Belanda

Selasa, 24 Januari 2023 21:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Soccrates/Getty Images
Sempat menolak panggilan Timnas Indonesia, kini karier pemain keturunan Tijjani Reijnders terlihat makin mentereng di Liga Belanda. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Sempat menolak panggilan Timnas Indonesia, kini karier pemain keturunan Tijjani Reijnders terlihat makin mentereng di Liga Belanda.

INDOSPORT.COM – Pemain keturunan Tijjani Reijnders sempat jadi sorotan pecinta sepak bola Tanah Air lantaran menolak tawaran untuk memperkuat Timnas Indonesia. Usai penolakan tersebut, kini karier Tijjani terlihat makin mentereng di Liga Belanda.

Nama Tijjani Reijnders, gelandang sentral andalan klub Eredivisie Belanda, AZ Alkmaar berusia 24 tahun tersebut sempat mencuat usai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengajukannya buat dinaturalisasi pada 2022 lalu.

Keputusan tersebut diambil setelah dua pemain berdarah Belanda lainnya, Mees Hilgers dan Kevin Diks gagal diproses untuk dinaturalisasi Timnas Indonesia lantaran tak diizinkan orang tuanya.

Dengan pengalamannya di Liga Belanda dan berhasil mentas di kasta tertinggi, membuat Tijjani Reijnders diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia bersaing di Piala Asia.

Apalagi Timnas Indonesia berhasil mendapatkan tambahan amunisi di lini pertahanan dengan kehadiran pemain keturunan Eropa seperti Elkan Baggott, Sandy Walsh, Jordi Amat dan terakhir adalah Shayne Pattynama.

Berbekal tangguhnya lini pertahanan plus visi bermain yang baik dari Tijjani Reijnders, bukan tak mungkin Timnas Indonesia bisa cetak sejarah di Piala Asia dengan lolos dari penyisihan grup.

Sayang harapan untuk melihat Tijjani Reijnders berkostum Timnas Indonesia pupus sudah. Sebab Tijjani menyatakan belum berminat bermain untuk Timnas Indonesia.

Hal ini dikabarkan langsung oleh anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani yang saat itu mendapat tugas khusus untuk mengawal proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia yang ada di Eropa.

"Tidak ada yang spesifik mengapa belum mau membela Timnas Indonesia. Mereka cuma untuk saat ini belum tertarik, karena fokus di klubnya," ucap Hasani kepada INDOSPORT.COM.

Kini setelah hampir beberapa bulan, kiprah Tijjani Reijnders yang sempat menolak Timnas Indonesia ternyata kian meroket di Liga Belanda.