Bola Internasional

8 Jebolan Garuda Select Perkuat Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 16:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Garuda Select
Skuat Garuda Select jilid 2 saat menjalani laga uji coba di Inggris. Copyright: © Garuda Select
Skuat Garuda Select jilid 2 saat menjalani laga uji coba di Inggris.

INDOSPORT.COM - Ada delapan pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20, jelang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola usia muda, kerja sama PSSI dan Mola TV untuk menempatkan pemain di Eropa.

Para pemain terpilih dari Indonesia setiap tahun akan melakoni laga uji coba dengan tim level Eropa, yang tersebar di Inggris hingga Italia.

Seperti baru-baru ini, skuat Garuda Select jilid kelima menantang uji coba dua raksasa Italia, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Hasilnya sangat memuaskan, skuat Garuda berhasil menahan imbang AC Milan 0-0, dan menaklukkan Inter Milan di angka 2-1.

Tahun ini pula, program Garuda Select rencananya akan ekspansi ke negara lain, yaitu Jerman. Klub sepak bola Jerman juga tak kalah berkualitas dari Inggria dan Italia.

Pengalaman para pemain saat bertanding di Eropa, menjadi catatan khusus bagi Shin Tae-yong, sehingga banyak dari mereka yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Kini, menatap perhelatan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong resmi memanggil delapan pemain jebolan Garuda Select.

Delapan pemain tersebut tidak datang dari dalam satu generasi yang sama, melainkan dari beberapa angkatan, yakni dari skuat Garuda Select jilid 2, jilid 3, dan jilid 4.

Artinya, para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-20 juga beragam, memiliki perbedaan di tahun kelahiran.