In-depth

'Cuma' Punya Liga Champions, Liverpool Tak Perlu Khawatir Hadapi Real Madrid Berkat Hal Ini

Selasa, 31 Januari 2023 13:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Liverpool mungkin akan memfokuskan diri berburu gelar Liga Champions. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw. Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Liverpool mungkin akan memfokuskan diri berburu gelar Liga Champions. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

INDOSPORT.COM - Liverpool bakal menghadapi tantangan besar di Liga Champions 2022-2023 karena berjumpa Real Madrid di 16 besar.

Berdasarkan hasil drawing yang digelar sebelum Piala Dunia 2022, Liverpool dan Real Madrid harus berjumpa lebih awal musim ini setelah bertarung di final Paris di edisi 2021-2022 lalu.

Pada waktu itu, anak-anak asuh Jurgen Klopp dibuat tidak berdaya setelah Vinicius Jr mencatatkan gol semata wayang Los Blancos ke gawang Alisson pada menit ke-59.

Mesin gol andalan The Reds, Mohamed Salah, bahkan tidak mampu berbuat apa-apa padahal ia sudah tidak ‘diganggu’ lagi oleh kehadiran sang musuh bebuyutan, Sergio Ramos.

Menghadapi Real Madrid di kancah Liga Champions, jelas bukan hal mudah, termasuk bagi Liverpool yang sudah punya nama besar di sepak bola Eropa.

Situasi yang dihadapi kubu Jurgen Klopp saat ini pun nampak sulit, mengingat mereka sedang terseok-seok di kompetisi domestik.

Sampai tulisan ini dibuat, Liverpool bertengger di peringkat 9 klasemen Liga Inggris (Premier League), dan sudah tersingkir dari perebutan trofi Piala FA dan Piala Liga Inggris alias Carabao Cup.

Bisa dibilang, Liga Champions jadi harapan terbesar satu-satunya, sekaligus yang paling realistis bagi Liverpool musim ini.

Namun langkah untuk mencapai trofi Si Kuping Besar itu tidak mudah karena di 16 besar saja mereka sudah harus berjumpa Real Madrid.

Berbanding terbalik dengan Liverpool, Real Madrid saat ini justru berada di peringkat 2 klasemen Liga Spanyol dan masih berpeluang mengudeta Barcelona di puncak.