Bursa Transfer

Terungkap! Abramovich Ternyata Biayai Transfer Enzo Fernandez ke Chelsea

Jumat, 3 Februari 2023 20:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Sergei Savostyanov\TASS via Getty Images
Roman Abramovich (tengah), mantan pemilik Chelsea Copyright: © Sergei Savostyanov\TASS via Getty Images
Roman Abramovich (tengah), mantan pemilik Chelsea

INDOSPORT.COM – Di balik keberhasilan raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, menggaet Enzo Fernandez dari Benfica dengan mahar fantastis, ternyata ada peran Roman Abramovich.

Bursa transfer musim dingin Januari 2023 telah berakhir dan ditutup oleh kepindahan Enzo dari Benfica ke Chelsea yang memecahkan banyak rekor dalam transfernya.

Chelsea sepakat menebus pemain berusia 22 tahun itu dari Benfica dengan mahar fantastis, yakni 121 juta euro atau setara Rp1,9 triliun.

Besarnya biaya transfer ini membuat Enzo lantas menjadi pemain termahal di bursa transfer Januari 2023 sekaligus pemain termahal yang pernah diboyong oleh tim asal London Barat itu.

Di sisi lain, mahar Rp1,9 triliun itu juga membuat pemain berkebangsaan Argentina ini menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Liga Inggris usai memecahkan rekor transfer Jack Grealish.

Di samping itu, kepindahan Enzo Fernandez ke Chelsea membuat Benfica pun untuk besar. Sebagai catatan, klub asal Portugal itu memboyongnya enam bulan lalu dengan harga 18 juta euro (Rp293 miliar) saja.

Terlepas dari biaya tersebut, transfer ini pun sejatinya terbilang amat rumit. Sebab, Chelsea telah menghubungi Benfica sejak Desember 2022 lalu.

Tapi negosiasi terhambat oleh beberapa alasan, hingga akhirnya Chelsea kembali mengetuk pintu dan mencoba menggaet Enzo yang memiliki klausul pembelian sebesar 120 juta euro.

Chelsea bersedia memenuhi klausul tersebut, tapi dengan cicilan. Sedangkan Benfica ingin transfernya dituntaskan dengan pembayaran penuh.

Karena kesepakatan ini hampir pupus, Chelsea pun akhirnya bisa memboyong Enzo Fernandez dari Benfica. Siapa sangka, keberhasilan ini dikarenakan adanya dana yang diberikan Roman Abramovich. Kok bisa?