In-depth

5 Klub Apes yang Pernah Terdepak dari Liga Teratas, Manchester City Selanjutnya?

Selasa, 7 Februari 2023 14:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Manchester City saat ini sedang terjerat kasus di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Manchester City saat ini sedang terjerat kasus di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, tengah dalam masa sulit usai terseret skandal Financial Fair Play (FFP).

Pembukuan finansial Manchester City lagi-lagi jadi sorotan. Pasalnya, Premier League belum lama ini telah merilis pelanggaran yang dilakukan juara musim lalu tersebut, yang jumlahnya tidak main-main.

Kabarnya, seperti salah satunya diwartakan The Guardian, Manchester City telah melakukan lebih dari 100 pelanggaran finansial berbeda sejak 2009 hingga 2018.

Mereka pun diduga sudah melanggar regulasi selama sembilan musim karena tidak menyampaikan laporan keuangannya secara benar dan akurat.

Padahal sepanjang kurun waktu tersebut, Manchester City mencatatkan kesuksesan yang cukup masif dengan memenangkan tiga gelar Premier League Liga Inggris.

Tidak ayal, skandal ini pun langsung mengegerkan dan menyita perhatian publik, apalagi di tengah sepak terjang The Citizens yang sedang bagus-bagusnya di liga.

Mereka bersaing di papan atas klasemen melawan Arsenal, ditambah performa Erling Haaland yang sangat on fire dan masih memuncaki daftar top skor liga sampai detik ini.

Namun kini, Manchester City harus dihadapkan pada sejumlah kemungkinan yang bisa merugikan mereka sebagai salah satu klub raksasa di level Premier League Liga Inggris.

Mereka bisa diganjar sanksi pengurangan poin, larangan maupun pembatasan aktivitas di bursa transfer, dan pencabutan gelar juara.

Selain itu, Erling Haaland cs juga bisa turun kasta alias didepak ke liga yang lebih rendah atau dengan kata lain angkat kaki dari kompetisi Premier League.