Bola Internasional

Ikut Timnas U-20 ke Piala Asia, Hugo Samir Dapat Pesan Keras dari Eks Pelatih Persipura

Sabtu, 25 Februari 2023 00:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago (kiri) bersama sang anak Hugo Samir (kanan) usai laga lawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-12 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (02/08/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago (kiri) bersama sang anak Hugo Samir (kanan) usai laga lawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-12 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (02/08/19).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persis Solo U-20, Hugo Samir termasuk salah satu dari 23 pemain yang dibawa ke Piala Asia U-20 2023 oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Ia pun sangat antusias untuk beraksi pertama kali bersama skuad Garuda Nusantara.

Hugo menegaskan sudah siap, baik mental maupun fisik untuk mengikuti kejuaraan dua tahunan tersebut. Dia bahkan berlatih secara mandiri di kamar hotel agar bisa berikan penampilan terbaik.

Keinginan Hugo untuk beraksi bersama Timnas U-20 pun terkabul. Sebelumnya dia sangat terharu dengan kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong, bahkan sampai menitikkan air mata saking bahagianya saat dipanggil ikut pemusatan latihan. 

"Ya pastinya saya sudah siap, sudah latihan di sini selama satu bulan.  Alhamdulillah kondisi saya sangat siap untuk menghadapi Piala Asia nanti," katanya.

"Pastinya ada (persiapan khusus) dengan latihan sendiri di kamar, terus saya juga gym di bawah di tempat gym biasa (hotel). Kadang juga minta video dari pelatih saya," imbuhnya.

Pemain keturunan Brasil itu mengaku tidak punya target pribadi, seperti mencetak gol. Hugo hanya ingin membantu Timnas U-20 meraih hasil terbaik, jika memungkinkan juara di Piala Asia U-20 2023.

"Intinya ingin bisa bawa timnas bisa juara di Piala Asia. Tidak ada target gol, yang penting bisa berikan yang terbaik saja," ujar Hugo.

Sebelum keberangkatan ke Uzbekistan yang merupakan tuan rumah Piala Asia U-20 tahun ini, Hugo Samir mendapat pesan dari eks pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago.

Sosok yang juga ayah Hugo mengingatkan agar menjaga emosi saat diberi kepercayaan beraksi di lapangan.

Itu mengingat Hugo pernah menjalani sanksi Komdis PSSI akibat menyerang wasit di kompetisi Elite Pro Academy U-18 2021 lalu.

"Yang terutama itu kontrol emosi sama jangan lupa jaga sholat, jaga attitude. Jangan bikin masalah di sana," ujar pemain 18 tahun itu.