Liga Indonesia

Jaring Bibit Muda Terbaik untuk Elite Pro Academy, Akademi Persib Gelar Kompetisi Internal

Sabtu, 18 Maret 2023 14:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Dok Akademi Persib Cimahi
Akademi Persib Cimahi U-12 juara Tays Bakers Barati Cup 2023 di Bali. (Foto: Dok Akademi Persib Cimahi) Copyright: © Dok Akademi Persib Cimahi
Akademi Persib Cimahi U-12 juara Tays Bakers Barati Cup 2023 di Bali. (Foto: Dok Akademi Persib Cimahi)

INDOSPORT.COM - Akademi Persib Bandung menggelar kompetisi internal, event Persib Academy League (PAL) 2023 tersebut akan digelar dalam tiga seri dan diawali dari Stadion Dadaha Tasikmalaya, 17-19 Maret 2023. 

Sedangkan dua seri selanjutnya Persib Academy League, rencananya akan digelar pada Mei 2023 dan seri ketiga akan digelar pada Juni 2023 mendatang.

Persib Academy League 2023, akan mempertandingkan kelompok usia 13 hingga 18 tahun dan diikuti seluruh cabang Akademi Persib dari Kota Bandung (pusat), Bared Patroman, Bogor, Cimahi, Karawang, Pati, Ranggajati serta Kota Tasikmalaya.

Menurut Direktur Akademi Persib, Yoyo S. Adiredja, Persib Academy League 2023 sengaja digelar dan rutin digelar setiap tahunnya, untuk melihat hasil dari pembinaan yang telah dilakukan. 

Lebih lanjut Yoyo mengatakan, pemain-pemain akan dipantau kualitasnya dan yang terbaik di Persib Academy League 2023, akan dipilih untuk mentas di Elite Pro Academy (EPA) PSSI

"PAL 2023 ini agenda tahunan untuk mengukur hasil latihan yang dilakukan cabang-cabang Akademi Persib dan melihat potensi anak-anak dalam mengisi tim inti Persib untuk menghadapi Elite Pro Academy," kata Yoyo, Jumat (17/03/23).

Perwakilan dari Akademi PERSIB Kota Cimahi, Firman Hadillah berharap, ajang ini selalu hadir setiap tahun. Hal ini karena tingginya antusiasme publik terhadap pembinaan yang dilakukan Akademi Persib.

"Turnamen yang membuat gairah sebagai hasil dari latihan, (Akademi Persib) di daerah itu bisa dipantau dari adanya talent scouting, apalagi untuk tahun sekarang itu event ini dijadikan untuk melihat dan mencari pemain untuk elite pro, dari usia 14,16,18," kata Firman.

Firman menuturkan, kompetisi seperti ini harus rutin digelar, karena ada banyak manfaat dari event seperti ini, diantaranya untuk memantau pemain potensial yang ada di berbagai daerah. Selain itu, pemain juga bisa mengasah keterampilan dalam ajang tersebut. 

"Mempertahankan tren positif yang namanya akademi terbaik yang kemarin disandang oleh Akademi Persib Elite Pro kemarin. Mudah-mudahan event ini terus berlanjut terus kompeten dan terus mengahasilkan bibit, positif lah buat Persib," ungkapnya.