Bola Internasional

Gibran Rakabuming Siap Gelar Drawing Piala Dunia U-20 di Solo, Ketua KNPI Beri Ancaman

Rabu, 29 Maret 2023 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap menggelar drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Solo yang membuat sekelompok orang meradang.(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap menggelar drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Solo yang membuat sekelompok orang meradang.(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengaku siap menggelar drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Manahan Solo.

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu venue yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023, yang terletak di Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, awalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat di Bali, pada Jumat (31/03/23). Namun belakangan, FIFA membatalkan agenda penting ini.

Hal tersebut diduga karena Gubernur Bali, I Wayan Koster bersurat kepada Presiden RI, menolak kedatangan kontingen Israel ke Pulau Dewata.

Keputusan FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 di Bali, membuat status tuan rumah Indonesia terancam ikut dicabut. 

Tak hanya gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia, Indonesia kini juga dihantui berbagai sanksi. Hal itu memantik Gibran Rakabuming Raka untuk berkomentar jadi juruselamat.

Gibran mengaku siap menggelar drawing Piala Dunia U-20, jika dapat perintah dari PSSI atau Menpora. Saat ini PSSI sendiri masih menempuh upaya diplomasi ke FIFA.

"Enggak tahu saya (kelanjutan drawing). Jika ada perintah (jadi tuan rumah drawing) dari PSSI, dari Menpora, saya siap," kata Gibran.

Namun, tanggapan Gibran ini rupanya memantik komentar lagi dari Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Haris Pertama, yang menolak kontingen Israel datang ke Indonesia.