Liga Indonesia

Tak Ada Nama Justin Hubner, Erick Thohir Pastikan Ivar dan Rafael Segera Disumpah WNI

Sabtu, 6 Mei 2023 11:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengabarkan bahwa proses naturalisasi dua calon pemain timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick, segera rampung. Dokumen keduanya sudah ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo.   

Keduanya akan menyusul Shayne Pattynama yang sudah terlebih dulu rampung proses naturalisasinya, sehingga bisa segera memperkuat skuat Garuda di beberapa ajang internasional ke depan. 

Erick Thohir menyampaikan, Ivar dan Rafael hanya tinggal menunggu jadwal untuk pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI). Surat Keputusan Presiden sudah ditandatangani.

"Proses naturalisasi sesuai komitmen kami satu demi satu terselesaikan. Kemarin dilakukan pada Shayne Pattynama, yaitu yang posisinya bek kiri sudah," kata Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (6/5/23).

"Saya ingin memastikan untuk Ivar Janner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri. Alhamdulillah, tadi sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden, jadi tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti," ujarnya.

Selain Ivar dan Rafael, sebenarnya ada satu nama lain yang proses naturalisasinya telah disetujui lewat rapat Paripurna DPR RI yakni Justin Hubner. Tapi, PSSI memutuskan tak melanjutkan karena tak bisa memenuhi permintaan sang pemain.

Menurut Erick Thohir, kehadiran Rafael Struick dan Ivar Jenner akan menambah kekuatan timnas Indonesia. Apalagi, keduanya merupakan pilihan serta dipantau langsung oleh pelatih Shin Tae-yong.

Ke depan, akan ada FIFA matchday, Asian Games 2022, Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Piala Asia, yang bakalan menjadi ajang pembuktian para pemain naturalisasi.

Seluruh putra terbaik bangsa, lanjut Erick, terbuka untuk memperkuat timnas Indonesia, termasuk para pemain naturalisasi tersebut.

"Semua terbuka (bermain di Asian Games dan Piala Asia). Sesuai diskusi saya dan coach Shin Tae-yong waktu itu bahwa nanti ada FIFA Matchday di Juni, kemudian Oktober dan November ada kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Erick Thohir.