x

Cara Jitu Erick Thohir Ubah Sepak Bola Indonesia seperti Inggris

Kamis, 15 November 2018 19:58 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Ketua Umum INASGOC, Erick Thohir mengaku tertantang untuk memperbaiki sepak bola nasional. Bukan sebagai Ketua Umum PSSI, namun ia ingin memperbaiki industri sepak bola Indonesia.

Nama Erick Thohir memang belakangan ramai dibicarakan dan diminta untuk mengambil alih jabatan Ketua Umum PSSI (induk tertinggi bola Indonesia), menggantikan Edy Rahmayadi.

Baca Juga

Namun, Erick membantah tegas akan harapan tersebut. Meski menutup diri sebabagai Ketua Umum PSSI, ada satu langkah yang ingin Erick lakukan untuk perkembangan industri sepak bola Indonesia.

"Ini tantangan bagi kita, seyogyanya usai Asian Games, industri olahraga harus berkembang. Saya yakin industri olahraga bisa dikelola secara profesional," ucap Erick saat dijumpai awak media berita sport di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (15/11/18).

Bukan tanpa alasan bagi Erick untuk membenahi industri olahraga khususnya sepak bola. Terlebih pembenahan Liga Indonesia. Dia bahkan ia mengambil contoh kemajuan Liga Inggris.

Baca Juga

"Contoh Liga Inggris, pada tahun 80-an mana ada yang mau menonton Liga Inggris. Tapi kini mereka berhasil merapihkan liga profesionalnya sebagai tontonan liga dunia dan mampu mengalahkan Liga Italia ," ujar Erick.

"Inggris mengubah jam pertandingan mereka menjadi jam tiga sore. Di jam tersebut waktu yang enak ditonton bola saat makan siang sementara jam tersebut masih pas di Asia yang merupakan pasar terbesar. Mengapa sepak bola kita tidak bisa seperti itu?" beber pria kelahiran 30 Mei 1970 itu.

Namun meski memiliki impian untuk membenahi sepak bola Indonesia, Erick belum tahu kapan hal itu akan terwujud. Baginya semua hal tersebut ada proses yang harus dilalui.

Baca Juga

"Saya belum tahu kapan waktunya. Nanti saja, semua ada prosesnya apakah melalui pemilihan atau tender. Semua tergantung PSSI. Tapi kalau ditanya hari ini, saya tidak mau," pungkasnya.

Sekadar informasi, Erick Thohir baru saja melepas jabatannya sebagai Presiden Inter Milan. Tidak butuh waktu lama, ia kembali mencoba berkecimpung dalam dunia sepak bola dengan bergabung bersama klub Inggris, Oxford United.

Terus Ikuti Update Perkembangan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

InggrisIndonesiaPSSIErick ThohirEdy RahmayadiLiga IndonesiaIndonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC)

Berita Terkini