x

Kalah dari Thailand, Begini Hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos Fase Grup

Sabtu, 17 November 2018 21:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ucapana terima kasih pemain Timnas Indonesia untuk para suporter yang hadir SUGBK.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia harus kembali menelan kekalahan di fase grup B kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018.

Kali ini Timnas Indonesia harus mengaku keunggulan tuan rumah Thailand dengan skor 2-4 dalam pertandingan di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/18).

Baca Juga

Hasil ini tentu merupakan hasil yang mengecewakan karena membuat Timnas Indonesia harus tertahan di posisi empat klasemen grup B Piala AFF 2018. Satu strip di atas tim juru kunci, Timor Leste.

Namun meski baru memiliki poin tiga hasil dari tiga pertandingan, sejatinya Timnas Indonesia masih memiliki potensi untuk bisa melaju ke fase semifinal Piala AFF 2018.


1. Hitungan peluang Timnas Indonesia

Thailand vs Indonesia

Sudah bermain tiga pertandingan, Indonesia berarti hanya tinggal menyisakan satu laga, yakni melawan Filipina. Sementara Filipina sebagai salah satu pesaing Indonesia, masih menyisakan dua laga yaitu melawan Indonesia dan Thailand.

Di lain sisi satu lagi pesaing Indonesia, Singapura, yang baru mengoleksi tiga poin juga menyisakan dua laga melawan Thailand dan Timor Leste.

Dari fakta tersebut, maka peluang Indonesia untuk bisa melaju ke babak selanjutnya akan terbuka jika:

Baca Juga

1. Filipina dan Singapura kalah atas Thailand dengan margin lebih dari satu gol.

2. Indonesia bisa menang telak atas Filipina di partai pamungkas yang dilaksanakan di GBK.

Jika skenario itu terjadi, maka poin Singapura, Filipina dan Indonesia akan sama-sama enam angka. Dan penentuan siapa yang berhak mendampingi Thailand ada di selisih gol.

Sampai saat ini, soal selisih gol itu, Filipina masih memimpin dengan surplus dua gol dan Indonesia justru memiliki catatan minus satu gol, sementara Singapura mencatatkan selisih gol 0.

Baca Juga

Singapura dan Filipina setidaknya harus sama-sama kalah saat melawan Thailand agar Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya. Namun itu dengan catatan, dalam pertandingan terakhirnya, Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina dengan margin dua gol.

Klasemen sementara Grup B Piala AFF

Dengan hitungan tersebut maka Thailand akan dipastikan bisa menjadi juara grup B, dan Indonesia, Singapura serta Filipina akan bisa bersaing memperebutkan posisi runner-up.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.