x

Sengaja Tak Halau Bola, Tanda Thailand Bantu Indonesia Lolos Fase Grup Piala AFF?

Minggu, 18 November 2018 14:06 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia mengalami mimpi buruk kala bertandang ke Thailand di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018.

Meski kalah dengan skor 2-4 di Bangkok, ada fakta menarik tentang salah satu gol Timnas Indonesia yang dinilai ‘aneh’.

Sejatinya Timnas Indonesia sempat memberikan perlawanan berarti kepada Thailand yang merupakan juara bertahan Piala AFF.

Buktinya Timnas Indonesia yang bermain apik di babak pertama berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui gol spektakuler Zulfiandi.

Baca Juga

Namun, Thailand menunjukan kapasitasnya sebagai calon juara dengan langsung membalas gol dari Timnas Indonesia. Babak pertama pun diakhiri dengan keunggulan Thailand atas Timnas Indonesia dengan skor 2-1.

Pada akhirnya Thailand berhasil mengakhiri perlawanan skuat asuhan Bima Sakti di babak kedua dengan skor akhir 4-2. Hasil tersebut membuat Thailand berpeluang besar untuk lolos dari babak grup B Piala AFF 2018.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia yang mengalami kekalahan keduanya harus menempati posisi keempat dan terancam tidak lolos grup.

Meski kalah dari Thailand, jika kita melihat salah satu gol Timnas Indonesia, terdapat suatu kejanggalan dalam proses gol tersebut.


1. Bantu Produktivitas Gol Timnas Indonesia

Penjaga gawang Timnas Thailand di Piala AFF 2018, Siwarak Tedsungnoen.

Gol Timnas Indonesia yang dimaksud ‘aneh’ adalah gol yang dicetak oleh Fachrudin Aryanto melalui sundulan usai memanfaatkan sepak pojok dari Riko Simanjuntak.

Jika diperhatikan dengan seksama sesaat bola masuk ke gawang Thailand, tampak bola seharusnya bisa ditepis oleh kiper.

Baca Juga

Siwarak Tedsungnoen yang mengawal gawang Thailand terlihat seharusnya bisa menyentuh bola tersebut. Tetapi tangannya terlihat antara ‘ditahan’ atau ‘tertahan’ sehingga bola terlepas dari jangkauan tangan dan tercipta gol.

Terlepas dari kontroversi mengenai gol yang tampak seperti ‘hadiah’ itu, tampak bahwa Thailand seperti akan membantu produktivitas gol milik Timnas Indonesia. Kebenaran apakah Thailand bakal membantu atau tidak akan dibuktikan di laga melawan Filipina dan Singapura.

Baca Juga

Jika Thailand mampu mengalahkan Filipina dan Singapura dengan marjin lebih dari satu gol, peluang Timnas Indonesia untuk lolos akan terbuka lebar.

Pasalnya, Timnas Indonesia bakal unggul produktivitas gol dari Filipina dan Singapura andai bisa menang telak atas Filipina di partai pamungkas.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT