x

3 Fakta Daniel Mullen, Bek Timnas Australia yang Dikaitkan dengan Persib Bandung

Jumat, 18 Januari 2019 09:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Daniel Mullen

INDOSPORT.COM - Selepas kepergian Victor Igbonefo dari Persib Bandung, sejumlah nama langsung dikaitkan akan didatangkan sebagai pengganti.

Berbekal dari pernyataan manajemen Persib Bandung yang membuka peluang untuk mencari pengganti pemain belakang asal Asia. Kini dua nama pun muncul dan diakait-kaitkan dengan Persib Bandung, yakni bek asal Jepang Kunihiro Yamashita dan Daniel Mullen dari Australia.

Nama Kunihiro Yamashita tentu sudah tidak asing lagi buat penonton sepak bola Indonesia, karena sudah beberapa musim ini malang melintang bersama Borneo FC dan Perseru Serui.

Baca Juga

Namun sebaliknya, sosok Daniel Mullen masih cukup asing di telinga. Nyatanya pemain 29 tahun itu memiliki latar belakang karier yang cukup mentereng untuk bisa menunjukkan seberapa hebat kualitasnya.

Berikut INDOSPORT mengungkapkan beberapa fakta karier sosok Daniel Mullen, yang terakhir masih tercatat sebagai pemain klub sepak bola Campbelltown City SC.


1. Pernah Bermain di China

Daniel Mullen di awal kariernya bersama Melbourne Victory.

Menjalani debut di kasta tertinggi sepak bola Australia bersama Adelaide United pada usia 18 tahun, karier pria 29 tahun itu kemudian lebih banyak dihabiskannya bersama klub-klub besar di Negeri Kangguru itu.

Tercatat Mullen pernah memperkuat Melbourne Victory, Western Sydney Wanderers, Newcastle Jets, hingga Wellington Phoenix.

Namun di antara beberapa klub Liga Australia itu, karier Mullen setelah menjalani debut di Adelaide United justru sempat dilanjutkannya ke Negeri Tirai Bambu, China.

Baca Juga

Saat itu di musim 2012/2013 dirinya bergabung bersama klub besar China, Dalian Aerbin. Bermain sebanyak 27 penampilan dnegan satu gol, Mullen hanya bertahan semusim sebelum akhirnya kembali ke Australia bersama Melbourne Victory dengan status pinjaman.


2. Timnas Australia

Daniel Mullen (depan) bersama Jason Hoffman dalam latihan Timnas Australia

Kualitas seorang Daniel Mullen juga tercermin dari pengalamannya yang cukup sering menjadi bagian Timnas Australia di berbagai level umur.

Daniel Mullen sendiri sebenarnya sejak awal memang merupakan pemain yang diproyeksikan untuk masuk dalam skuat Timnas Australia lewat program di FFA Centre of Excellence atau sebelumnya bernama Australian Institute of Sport Football Program.

Program tersebut dibuat pemerintah Australia untuk mengembangkan bakat-bakat muda yang dianggap memiliki kualitas untuk akhirnya menjadi andalan Timnas Australia.

Baca Juga

Tak mengherankan jika kemudian Mullen cukup menjadi andalan di Timnas australia U-20 dengan 15 kali penampilannya hingga naik level ke Timnas Australia U-23 dengan dua kali tampil. Termasuk juga sekali tampil bersama Timnas senior Australia di ajang resmi FIFA.


3. Juara Liga Champions Asia dan Main di Piala Dunia Antarklub

Daniel Mullen berseragam Western Sydney Wanderers.

Malang melintang di klub besar Liga Australia, Daniel Mullen juga sempat merasakan prestasi yang sangat membanggakan buat seorang pesepak bola di benua Asia. Yakni ketika dirinya menjadi juara Liga Champions Asia tahun 2014 bersama Western Sydney Wanderers.

Saat itu Mullen yang berusia 25 tahun bukan hanya tergabung bersama Western Sydney Wanderers, namun dirinya juga menjadi salah satu andalan di Liga Champions Asia dengan 10 kali penampilan dalam total 818 menit bermain.

Keberhasilannya membawa juara Western Sydney Wanderers di Liga Champions Asia juga membuatnya sempat mencicipi kompetisi Piala Dunia Antarklub setelahnya.

Baca Juga

Namun sayang bermain sejak menit awal menghadapi klub asal Aljazair Es Setif, Mullen harus puas angkat kaki lebih cepat usai timnya kalah lewat drama adu penalti yang berkesudahan dengan skor 4-5.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

AustraliaPersib BandungLiga IndonesiaA League AustraliaWestern Sydney WanderersTRIVIADaniel Mullen

Berita Terkini