x

3 Sosok yang Lebih Pantas Jadi Ketua Umum PSSI Selain Joko Driyono

Minggu, 20 Januari 2019 12:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Secara mengejutkan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menyatakan mundur dari jabatannya, lewat peryataan terbuka dalam Kongres Tahunan PSSI di Bali, Minggu (20/01/19).

Mundurnya Edy secara langsung juga memastikan bahwa Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono akan menju untuk memimpin federasi sepak bola se-Indonesia itu hingga nantinya memiliki ketua umum baru.

Namun alih-alih senang dengan mundurnya Edy, respons negatif justru datang dari banyak penikmat sepak bola nasional. Umumnya respons negatif itu muncul terkait dengan naiknya Joko Driyono sebagai pengganti Edy Rahmayadi.

Baca Juga

Untuk itu INDOSPORT.com coba menjabarkan beberapa nama yang kiranya cocok untuk menggantikan Edy Rahmayadi dan juga Joko Driyono untuk memimpin PSSI ke depannya.


1. Krishna Murti

Wakil Ketua Satgas Antimafia Sepak Bola, Krishna Murti

Mencuat setelah ditunjuk sebagai Wakil Ketua Satgas Antimafia Sepak Bola bentukan Mabes Polri, nama Krishna Murti mulai mendapatkan perhatian positif dari pencinta sepak bola nasional.

Sering mengutarakan pendapatnya langsung lewat media sosial mengenai kasus pengaturan skor. Ditambah juga kinerja cepat Satgas Antimafia Sepak Bola yang bisa menangkap beberapa tersangka kasus pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3, membuat nama Krishna sempat beberap akali diminta untuk maju sebagai Ketua Umum PSSI.

Dengan pengalamannya sebagai Wakil Satgas Antimafia Sepak Bola dan juga latar belakangnya sebagai aparat kepolisian, Krishna Murti jelas memiliki kecakapan untuk bisa menjadi pemimpin PSSI. 

Namun tampaknya dalam perkembangan sejauh ini, Krishna terang-terangan lebih memilih untuk melanjutkan kariernya sebagai perwira kepolisian dibandingkan harus banting stir ke ranah sepak bola.


2. Bambang Pamungkas

Legenda Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas

Sudah sejak lama, nama Bambang Pamungkas disebut-sebut layak untuk maju sebagai Ketua Umum PSSI. Memiliki catatan panjang di sepak bola nasional, sosok pria yang karib disapa Bepe itu dinilai memiliki integritas yang bisa membawa PSSI ke arah yang lebih baik.

Bahkan beberapa pesepakbola lainnya juga tak segan untuk menilai kelayakan Bepe tersebut, meski untuk setidaknya terlebih dahulu menjabat di jajaran pengurus PSSI.

"Jangan semuanya terjun ke dunia pelatihan semua, tetapi ada juga yang masuk ke sana (PSSI). Biar nyambung dan bisa menjembatani yang kami butuhkan di lapangan," kata Firman Utina mengomentarai kesempatan eks pemain terjun ke PSSI.

"Ada mas Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, atau Ricky Yakobi. Bisa saja mantan pemain lain," eks gelandang Timnas Indonesia itu menambahkan. 

Namun untuk kemungkinan ini rasanya juga tak akan terjadi dalam waktu dekat, mengingat Bambang Pamungkas hingga kini masih aktif sebagai pemain di klubnya Persija Jakarta.


3. Erick Thohir

Erick Thohir

Memiliki pengalaman segudang memimpin klub sepak bola di dalam dan luar negeri, tentu tak ada yang meragukan kapabilitas seorang Erick Thohir untuk menjadi Ketua Umum PSSI.

Dukungan agar Erick Thohir untuk maju sebagai Ketua Umum PSSI juga mencuat usai dirinya sukses menggelar Asian Games 2018 sebagai Ketua komite olimpiade Indonesia (KOI).

Tetapi sejauh ini pria 48 tahun itu belum sekalipun mengaku tertarik untuk memimpin PSSI. Dirinya akan lebih memilih untuk terlibat memperbaiki sepak bola nasional dengan terlibat dalam pengelolaan kompetisi nasional

“Saya memang tertantang untuk membantu persepakbolaan Indonesia. Namun, tidak sebagai Ketua Umum PSSI. Saya ini bukan tipe orang yg cocok di birokrasi. Jadi kalau untuk posisi Ketua Umum PSSI, tidak ingin." 

"Tapi jika ditantang memperbaiki sepak bola Indonesia dalam pengelolaan liga itu menarik buat saya,” kata Erick di Jakarta, Kamis (15/11/19).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

PSSIBambang PamungkasErick ThohirJoko DriyonoKombes Krishna MurtiEdy RahmayadiLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini